;

Inilah Fenomena Langit Yang Akan Terjadi Tahun 2014

Inilah Fenomena Langit Yang Akan Terjadi Tahun 2014

SmuaInfo - Alam semesta hasil karya Tuhan memang sangat banyak menyimpan rahasia yang tersembunyi dan kadang kita menjadi tercengang akan hasil ciptaan Tuhan yang luar biasa ini. Kita hanya bisa mengagumi dan bersyukur karena bisa menikmati semua ciptaan Tuhan ini.
Fenomena Langit
Picture by : travel.detik.com
Semua ciptaan yang ada di alam semesta memiliki fenomena sendiri yang kadang tidak masuk akal. Dan yang paling mencengangkan langit pun ternyata memiliki fenomena yang sangat luar biasa. Beberapa fenomena langit di prediksi akan terjadi sepanjang tahun 2014 ini. di lansir dari travel.detik.com Inilah fenomena langit yang akan terjadi tahun 2014.
  • Planet Berada Dalam Jarak Terdekat Dengan Bumi

Sepanjang tahun 2014 ini, akan ada beberapa planet yang berada dalam jarak terdekat dengan bumi. Planet-planet tersebut adalah Mars, Saturnus, Neptunus dan Uranus. Menurut perkiraan bahwa hal ini akan terjadi mulai pada tanggal 8 April 2014.

Dimulai dari planet Mars yang akan berada dalam jarak terdekat dengan bumi. Dan keadaan ini akan belangsung selama 2 tahun. Matahari akan menyinari planet ini sehingga akan lebih mudah terlihat. Dan planet ini sudah bisa dilihat dengan menggunakan teleskop yang berukuran sedang saja.

Berbeda dengan Mars yang bisa dilihat selama kurun waktu 2 tahun. Planet Saturnus yang juga berada dalam jarak terdekat dengan bumi hanya bisa terlihat selama kurun waktu 1 tahun saja. Saturnus juga akan mudah terlihat dengan menggunakan teleskop yang berukuran sedang karena terkena sinar matahari.

Kemudian pada tanggal 29 Agustus 2014, planet Neptunus pun akan bisa terlihat dari bumi. Planet ini juga akan terkena sinar matahari sehingga mudah untuk di lihat. Tapi karena keberadaannya yang cukup jauh dengan bumi, maka planet ini akan terlihat seperti titik biru saja dari teleskop.

Di susul dengan planet Uranus yang akan berada dalam jarak terdekat dengan bumi pada tanggal 7 Oktober 2014. Jarak planet ini dengan bumi juga sangat jauh sehingga pada teleskop akan terlihat hanya seperti titik biru-hijau saja.
  • Bulan Dan Planet Akan Berada Dalam Satu Garis

Planet Mars yang berada dalam jarak terdekat dengan bumi akan berada satu garis dengan Bulan. Fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 7 Juni 2014. Dan fenomena ini bisa Anda lihat 6 jam setelah matahari tenggelam atau yang biasa di sebut dengan sunset.

Planet lainnya yang akan berada dalam satu garis adalah planet Venus dan Jupiter. Fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 18 Agustus 2014. Jika Anda ingin melihat langsung fenomena ini maka bangunlah lebih pagi. Karena pagi hari inilah kedua planet tersebut akan berada dalam satu garis yang hampir sama hanya berbeda seperampat derajat saja.
  • Terjadi Gerhana Bulan Dan Matahari

Fenomena langit lainnya yang bisa kita lihat pada tahun 2014 ini adalah terjadinya Gerhana Bulan Total. Fenomena ini di perkirakan akan terjadi pada tanggal 15 April 2014. Dan menurut perhitungan pada tahun 2014 ini akan terjadi 2 kali Gerhana Bulan Total.

Dan Gerhana Bulan Total yang kedua di perkirakan akan terjadi pada tanggal 8 Oktober 2014. Gerhana Bulan Total ini akan sangat jelas terlihat di daerah Amerika Utara, Amerika Selatan dan Australia.

Tidak hanya gerhana bulan saja yang akan terjadi, namun Gerhana Matahari Setengah juga akan terjadi pada tahun 2014 ini. Gerhana Matahari Setengah ini di perkirakan akan terjadi pada tanggal 23 Oktober 2014. Saat itu bulan akan menutupi sebagian Matahari. Penampakan yang paling jelas terlihat di daerah Amerika Utara dan Tengah.
  • Terjadi Hujan Meteor Persids Dan Geminids

Fenomena langit yang terkahir yang akan terjadi pada tahun 2014 ini adalah terjadinya Hujan Meteor Persids dan Geminids. Hujan meteor yang terbaik adalah Hujan Meteor Persids karena jenis ini bisa menghasilkan 60 meteor dalam waktu sejam pada saat mencapai puncaknya.

Hujan Meteor Persids ini di perkirakan akan turun pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2014. Dan yang lebih menarik lagi adalah hujan meteor ini bisa muncul di belahan langit manapun. Saat yang paling tepat untuk bisa melihat hujan meteor ini adalah waktu tengah malam.

Sedangkan Hujan Meteor Geminids diperkirakan akan turun pada tanggal 13 dan 14 Desember 2014. Hujan meteor jenis inipun sering di sebut dengan hujan meteor terbaik dari segala jenis hujan meteor yang ada.

Pada puncaknya Hujan Meteor Geminids bisa muncul sampai 120 meteor yang berwarna warni yang akan menghiasi langit. Hujan Meteor Geminids inipun bisa muncul di belahan langit manapun dan area yang paling mencolok ada pada rasi bintang Gemini.

Itulah beberapa fenomena langit yang akan terjadi tahun 2014. Silahkan mencatat setiap tanggalnya jika Anda tidak ingin melewatkan setiap fenomena yang akan terjadi di tahun 2014 ini. Karena fenomena seperti ini jarang terjadi.

Baca Juga : Presiden Indonesia Ternyata Pernah Tertipu

Share this:

Disqus Comments