;

Tips Berbelanja Murah Untuk Pencinta Traveling

Tips Berbelanja Murah Untuk Pencinta Traveling


SmuaInfo - Bepergian atau yang biasa kita sebut dengan traveling memang merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi beberapa orang khususnya untuk para wanita. Tidak sedikit mereka yang hobi dengan kegiatan ini rela menghabiskan uang mereka untuk mendapatkan satu kepuasan tersendiri.

Tapi sebelum Anda melakukan kegiatan traveling ini sebaiknya Anda mengetahui beberapa tips untuk bisa menghemat uang Anda se minimalis mungkin tanpa menghilangkan kepuasan Anda. Mari kita simak sama-sama inilah tips berbelanja murah untuk para pecinta traveling yang di kutip dari detikTravel.



1. Mengetahui Kisaran Harga Sebenarnya

Sebelum tiba di destinasi tujuan, ada baiknya Anda mencari tahu kisaran harga barang maupun transportasi lokal. Berapa kisaran ongkos bajaj atau tuk-tuk, harga makanan khas pinggir jalan, serta harga suvenir yang sekiranya Anda incar.

Hal ini penting diketahui sebelum Anda menawar harga. Adakalanya, pedagang yang kerap melayani turis memberi harga sampai 2 kali lipat dari aslinya. Kalau sudah begini, Anda baiknya menawar mulai dari 1/4 harga aslinya.

2. Menawarlah Jika Benar-benar Ingin Membeli

Anda pasti pernah melihat hal ini: seorang traveler yang menawar harga suvenir dengan sangat rendah, kemudian ketika hampir mencapai kesepakatan harga, traveler tersebut tidak jadi membeli dengan alasan hanya melihat-lihat.

Jangan lakukan hal tersebut. Selain membuang-buang waktu traveling, Anda juga akan merepotkan si pedagang. Menawarlah secara serius jika Anda benar-benar ingin membeli barang tersebut.

3. Pura-pura Cuek

Ini trik lama, namun cukup ampuh saat tawar-menawar. Bertingkahlah cuek dan tak tertarik, meski Anda naksir mati-matian dengan barang incaran. Jangan terlalu bersemangat menawar, hal ini membuat si penjual urung menurunkan harga barang tersebut.

Bertingkahlah cuek dan apa adanya. Jika si penjual masih mematok harga terlalu mahal untuk Anda, jangan sungkan untuk tersenyum dan pergi. Anda bisa mencarinya di toko lain, atau mencari suvenir lain. Meski nyatanya, kebanyakan penjual akan memanggil Anda untuk kembali negosiasi.

4. Tawarlah Dalam Mata Uang Lokal

Banyak negara yang menerima USD sebagai alat pembayaran. Di Kamboja misalnya, Anda bisa bertransaksi dengan mata uang lokal (Riel) atau USD. Namun alangkah baiknya Anda menawar dalam mata uang lokal, sama seperti yang warga lokal lakukan.

Ini karena pecahan kebanyakan mata uang lebih kecil dibanding USD. Anda akan rugi jika harga barang dibulatkan dalam USD.

5. Jangan Terbawa Emosi

Nah, ini yang penting. Jangan karena si penjual urung memberikan harga sesuai keinginan Anda, kemudian Anda pun menjadi marah yang berujung pada bad mood seharian. Ingat, agenda traveling baiknya dijalani dengan senang.

Jangan sampai adu mulut dengan pedagang menjadi perusak agenda traveling Anda. Toh nanti saat pulang, mungkin Anda sudah lupa kejadian tersebut.

Share this:

Newest Post
Disqus Comments