;

Sering Sakit Punggung? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Sakit Punggung? Mungkin Ini Penyebabnya

Kesehatan - Semakin banyaknya aktifitas kerja yang Anda lakukan setiap hari bisa membuat Anda lupa untuk memperhatikan kesehatan Anda sendiri. Padahal sebenarnya kesehatan adalah hal yang paling utama dari pekerjaan Anda karna jika Anda tidak sehat, maka segala aktifitas kerja Anda akan terhambat.

Sakit Punggung
Picture by : asemaxcnature.com
Salah satu yang bisa mengancam kesehatan Anda dalam melakukan kegiatan Anda sehari-hari adalah sakit punggung. Sakit punggung mengakibatkan sakit di area belakang tubuh Anda sehingga membuat postur tubuh bisa mengalami gangguan. Beberapa penyebabnya mungkin karena kasur yang sudah tidak nyaman lagi atau terlalu lama berada di depan komputer.

Beriukut ini adalah beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat menyebabkan sakit pada punggung Anda, yang di kutip dari Fitnea.


Kasur Tak Nyaman - Periksa kembali kapan terakhir kali Anda membeli kasur Anda. Pemakaian kasur yang baik adalah 8 - 10 tahun. Jika lebih dari itu maka kekuatan kasur yang menopang tubuh Anda pada waktu tidur telah berkurang. Pilihlah kasur yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Patikan lengkungan pada tulang belakang Anda tidak tenggelam atau kaku pada waktu Anda sedang tidur atau berbaring.

Membawa Beban Berat - Jika Anda sering membawa beban yang berat sebaiknya Anda lebih hati-hati, karena mungkin kondisi punggung Anda sedang dalam keadaan yang tidak baik. Khususnya buat Anda yang sering membawa tas yang berat dengan sebelah bahu, ini membuat tubuh menjadi tidak seimbang. Beban ideal yang harusnya Anda bawa adalah 10 persen dari berat badan Anda.

Menggunakan Sepatu Hak Tinggi Atau Rata - Penggunaan sepatu dengan hak yang tinggi memang bisa menunjang penampilan seorang wanita, tapi jika terlalu tinggi juga tidak baik karena bisa menyebabkan sakit punggung dan memberikan tekanan yang tinggi pada tumit dan lutut. Sepatu tanpa hak pun kurang baik, sesuaikan secara pas dengan bentuk kaki Anda. Sendal tanpa penyangga belakang bisa membuat kaki Anda keluar dari area sendal yang membuat tubuh Anda menjadi tidak seimbang.

Cepat Marah - Mungkin sebaiknya mulai dari sekarang Anda bisa lebih mengontrol amarah Anda terhadap sesuatu yang tidak penting. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan menahan amarah, depresi dan kekesalan dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh Anda. Emosi yang Anda keluarkan bisa membuat otot menegang yang secara langsung mempengaruhi rasa sakit pada tubuh Anda. Amarah juga tidak baik untuk kesehatan psikologis Anda.

Duduk Seharian - Sebaiknya Anda bisa mengurangi kebiasaan yang satu ini. Karena duduk lama apalagi di depan komputer dapat mengganggu postur tubuh Anda yang bisa menyebabkan sakit pada otot punggung karena tidak aktif bergerak. Duduk memberikan 50 persen beban tubuh pada tulang belakang. Jika pekerjaan Anda menuntut harus lebih banyak duduk depan komputer, pastikan posisi duduk Anda benar, yaitu tidak terlalu membungkuk dan tidak terlalu tegak.

Stres - Jagalah selalu pikiran Anda agar tidak stres karena jika pikiran Anda stres maka tubuh Anda juga akan ikut stres. Ini bisa mempengaruhi otot-otot menjadi tidak rileks sehingga bisa menyebabkan sakit. Untuk mengurangi stres Anda bisa melakukan olahraga, meditasi ataupun mandi air hangat.

Kurang Berolahraga - Kurang berolahraga bisa membuat otot menjadi lemah dan kekuatan tulang belakang akan ikut kendur. Dengan rutin berolahraga maka akan membentuk otot yang kuat untuk menopang punggung. Anda bisa melakukan peregangan pada punggung untuk mengurangi sakit punggung.

Makan Makanan Cepat Saji - Sebaiknya Anda baca kembali Dampak Negatif Makanan Cepat Saji. Segeralah kurangi makan makanan cepat saji karena jenis makanan ini mengandung kalori yang tinggi tapi nutrisinya sangat rendah dan bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan. Dengan bertambahnya berat badan menyebabkan bobot tubuh akan menumpuk pada area punggung. Kelabihan berat badan bisa menyebabkan pinggul menjadi maju ke depan sehingga menekan tulang belakang. Orang yang gemuk juga sangat rentan dengan osteoporosis.

Kebiasaan ini mungkin secara tidak sadar Anda juga lakukan, sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut atau jika bisa hilangkan, karena kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan punggung Anda. Semoga artikel penyebab sering sakit punggung ini bisa bermanfaat buat Anda.

Share this:

Disqus Comments