;

Perkiraan Terjadinya Fenomena Alam Gerhana Matahari

Perkiraan Terjadinya Fenomena Alam Gerhana Matahari

SmuaInfo - Ditahun 2014 ini memang menjadi sangat istimewa karena akan terjadi beberapa fenomena alam. Salah satu fenomena alam yang telah terjadi beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 15 April 2014 adalah fenomena gerhana bulan. Beruntunglah mereka yang sempat melihat fenomena alam ini.
Fenomena Gerhana Matahari
Fenomena Gerhana Matahari

Buat yang belum sempat menyaksikan fenomena alam ini, jangan khawatir masih ada beberapa fenomena alam yang lainnya yang bisa Anda saksikan sepanjang tahun 2014 ini. Dan yang paling dekat adalah fenomena gerhana matahari yang di prediksikan akan terjadi pada tanggal 29 April 2014.

Baca Juga : Fenomena Langit Sepanjang Tahun 2014

Tapi menurut seorang astronom Ma'rufin Sudibyo seperti yang di lansir dari SidomiNews bahwa di Indonesia hanya bisa di saksikan di beberapa kabupaten saja. Ada 60 Kabupaten atau kota dalam 6 propinsi di Indonesia yang bisa menyaksikan fenomena alam gerhana matahari tersebut.

Enam propinsi yang dimaksud adalah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Jika Anda berada di propinsi yang dimaksud, maka bersiaplah untuk menykasikan fenomena gerhana matahari yang jarang terjadi dan tidak semua orang bisa melihatnya.

Bentuk gerhana matahari tersebut adalah gerhana matahari setengah. Dan berdasarkan prediksi dari NASA sendiri bahwa fenomena gerhana matahari ini akan berlangsung dimulai pada pukul 10.52 WIB - 15.14 WIB. Tapi walaupun demikian fenomena gerhana matahari ini akan terlihat sangat singkat.

Sedangkan untuk wilayah terbaik menikmati fenomena gerhana matahari ini adalah di bagian utara Antartika. Tapi bukan gerhana matahri total melainkan Gerhana Matahari Cincin. Gerhana matahari cincin terjadi pada saat bulan ada di antara Matahari dan Bumi. Pada kondisi ini jarak antara Matahari dan Bumi tidak terlalu jauh. oleh sebab itu bayang-bayang inti bulan tak langsung jatuh kebumi tetapi berada di satu titik antara Bulan dan Bumi.

Baca Juga : 7 Hobi Aneh Orang Jaman Dulu

Share this:

Disqus Comments