;

Australia Akan Memiliki Dua Pesawat Tempur Siluman

Australia Akan Memiliki Dua Pesawat Tempur Siluman

Pesawat tempur siluman F-35 yang dibuat oleh perusahaan AS, Lockheed Martin
Di kabarkan Australia Akan Memiliki Dua Pesawat Tempur Siluman F-35 Lightning II tahun depan, Australia talah memesan bahkan telah memulai pekerjaan pembuatan Dua Pesawat Tempur Siluman tersebut pada hari Selasa, 8 Oktober 2013 di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. Perwakilan dari Australia telah bertandang ke pabrik Lockheed Martin untuk merayakan upacara dimulainya produksi pesawat tempur siluman tersebut. Pesawat tempur siluman ini di produksi oleh Perusahaan pembuat pesawat tempur asal Amerika Serikat Lockheed Martin.

Wakil Presiden Direktur Lockheed Martin Jeff Babione menyambut baik dimulainya proses produksi ini. "Kami ikut senang proses produksi F-35 untuk Australia dimulai," kata Babione dalam rilis resmi Lockheed Martin.

Dalam perakitan pesawat F-35, dia melanjutkan, Australia sebagai negara pemesan ikut andil. Sebab 14 perusahaan asal Australia dilibatkan untuk memproduksi komponen pesawat tempur siluman F-35. "Kesempatan ini tentu memperpanjang kerja sama kami dengan RAAF (Angkatan Udara Australia)," kata Babione. Sebab sebelumnya, kerja sama serupa telah terjalin pada pembelian pesawat Lockheed Vega dan F-111 Australia.

Jika produksi ini berjalan sesuai rencana, dua unit pesawat F-35 bakal dikirim dari Texas ke Australia pada 2014. Saat ini Australia baru memesan dua unit pesawat F-35. Namun pada 2014-2015, Negeri Kanguru bakal menambah pesanan 12 pesawat F-35.

Sebenarnya, pemerintah Negeri Kanguru itu punya rencana jangka panjang membeli 100 unit pesawat F-35. Untuk memuluskan rencana ini, Australia menganggarkan duit senilai US$ 16,4 miliar atau sekitar Rp 170 triliun. Namun rencana jangka panjang ini diundur selama beberapa tahun untuk menghemat anggaran belanja Australia.

Pesawat tempur siluman F-35 Lightning II adalah pesawat tempur generasi kelima. Pesawat tempur ini menggabungkan kemampuan tempur serbaguna dengan kemampuan siluman. Selain itu pesawat ini punya teknologi canggih, berkecepatan tinggi sekitar 2000 km/jam. Selain Australia, beberapa negara seperti Kanada, Inggris, Belanda, dan Norwegia, juga menaruh minat pada pesawat ini.

Indonesia kapan ya punya Pesawat Tempur Siluman juga...???

Share this:

Disqus Comments