;

Cara Sehat Untuk Anda Yang Bertugas Shift Malam

Cara Sehat Untuk Anda Yang Bertugas Shift Malam


Sebagian besar masyarakat kita bekerja pada waktu siang hari, namun ada juga beberapa yang melakukan pekerjaan mereka pada malam hari. Orang yang bekerja pada malam hari mempunyai cara kerja sangat berbeda dengan orang yang bekerja pada siang hari karna mereka yang bekerja pada malam hari membutuhkan energi yang khusus agar tetap fit sepanjang malam untuk bisa melakukan segala aktifitas mereka dengan baik. 

Orang yang bekerja pada malam hari ternyata sangat rentan dengan masalah kesehatan disebabkan mereka akan kehilangan jam istirahat mereka pada malam hari dan bahkan beresiko terkena diabetes tipe 2. Itulah sebabnya mengapa kondisi fisik para pekerja yang bertugas shift malam perlu mendapatkan perhatian khusus. Berikut ini adalah cara sehat untuk Anda yang bertugas shift malam

Konsumsi Makanan Sehat - Jagalah setiap makanan yang Anda konsumsi selama melakukan shift malam. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan yang memiliki banyak nutrisi termasuk anti oksidan.

Hindari Kafein - Kafein memang bisa membantu Anda tetap terjaga dan sulit untuk mengantuk jadi sebaiknya Anda minum kopi atau tidak lebih dari secangkir pada saat Anda bekerja, ini untuk membantu Anda supaya Anda dapat tidur keesokan harinya.

Minum Air Putih - Semakin banyak Anda minum air putih maka semakin baik pula sistem kekebalan tubuh Anda ini juga membantu Anda aga tidak mudah lelah dalam bekerja pada waktu malam hari.

Hindari Makanan Berminyak - Makanan yang berminyak akan memperlambat proses pencernaan dan bisa menimbulkan kelelahan. Makanan yang beminyak juga bisa meningkatkan kalori dan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Aktif Secara Fisik - Aktifkanlah melakukan aktifitas yang bisa membantu Anda tetap terjaga di malam hari. Anda bisa berjalan-jalan atau menggerakkan badan bisa membantu Anda untuk menyegarkan kembali tubuh Anda. Bila Anda punya waktu luang tidurlah sejenak untuk menenangkan mata dan pikiran Anda.

Camilan Sehat - Untuk memberikan Anda energi yang ekstra Anda bisa mengkonsumsi camilan dalam jumlah yang kecil tentu saja harus jenis camilan yang bergizi.

Kontrol Konsumsi Gula - Pada saat Anda bekerja pada malam hari biasanya Anda akan sering ingin minum yang manis dan hangat tetapi sebaiknya Anda harus bisa mengontrol kebiasaan ini agar Anda bisa terhindar dari resiko diabetes.

Tidur Siang Yang Cukup - Ketika Anda tidak sedang melakukan pekerjaan pada malam hari sebaiknya Anda tidur di siang hari untuk menggantikan kebutuhan jam tidur Anda yang hilang pada malam hari, ini juga membantu Anda supaya Anda bisa tetap fit untuk melanjutkan pekerjaan Anda pada malam harinya.

Semoga tips cara sehat untuk Anda yang bertugas shift malam ini bisa membantu Anda lebih memperhatikan kesehatan Anda.

Share this:

Disqus Comments