;

Mengenali Tanda-tanda Awal Kehamilan

Mengenali Tanda-tanda Awal Kehamilan


SmuaInfo - Memiliki seorang anak adalah hal yang diharapkan oleh semua pasangan. Ada beberapa wanita yang seringkali tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil sampai pada beberapa bulan terakhir. Bukti sesungguhnya bisa dilihat dari tes kehamilan. Tetapi Anda bisa menduga bahwa Anda hamil sebelum Anda terlambat menstruasi. Tanda-tanda awal kehamilan bisa di ketahui pada minggu-minggu pertama setelah Anda hamil.

Berikut ini adalah tanda-tanda awal kehamilan :

Bengkak atau Nyeri Di Payudara - Jika Anda sedang hamil maka payudara Anda akan mengalami perubahan secara fisik. Payudara Anda akan terasa lebih berat, sakit atau nyeri pada waktu di pegang. Dua minggu pertama setelah kehamilan Anda, maka payudara Anda akan mulai membesar, ini terjadi untuk persiapan produksi susu pada payudara Anda. Sebab utama dari perubahan fisik ini adalah karena meningkatnya produksi hormon Esterogen dan Progesteron. Perubahan ini akan terlihat sangat jelas untuk Anda yang baru pertama kali hamil.

Flek Darah atau Nyeri Perut - Pada awal kehamilan beberapa wanita akan mengalami flek atau sedikit pendarahan, ini terjadi sekitar 10 atau 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan ini terjadi karena implantasi yang terjadi pada waktu sel telur yang telah di buahi menempelkan dirinya pada dinding uterus. Pendarahan ini biasanya terjadi lebih awal dan warnanya lebih terang dari pada darah yang keluar pada waktu Anda haid, tapi hal ini terjadi hanya sebentar saja. Beberapa wanita juga akan merasakan nyeri pada perut seperti yang mereka alami pada waktu mereka sedang haid.

Cepat Lelah - Pada masa-masa awal Anda hamil maka Anda akan meresa kehabisan tenaga. Ini mungkin terjadi karena faktor alami untuk para calon ibu supaya bisa lebih banyak beristirahat sebagai persiapan untuk malam-malam pertama dimana mereka akan kurang tidur karena mengurusi sang bayi tercinta. Pada masa awal kehamilan, maka tubuh Anda akan bekerja dengan sangat keras untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah untuk bisa membawa nutrisi bagi janin Anda. Sebagai tambahan saja, jika Anda memang hamil dapat menyebabkan timbulnya rasa khawatir yang dapat menyerap energi Anda sehingga menyebabkan Anda akan susah tidur.

Ingin Makan Makanan Tertentu - Secara umum sering kita sebut Ngidam, ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon. Pada waktu Anda hamil, maka Anda akan mengalami perubahan selera makan, terutama pada semester pertama. Hal yang biasanya bisa terjadi juga pada waktu Anda hamil adalah tidak suka aroma dari makanan tertentu, bahkan hal ini bisa membuat Anda merasa mual. Ada satu studi mengatakan bahwa pada awal kehamilan maka seorang wanita tidak akan suka dengan aroma kopi, daging dan produk yang mengandung susu serta makanan yang berbumbu tajam.

Suhu Basal Tubuh Meningkat - Suhu Basal adalah temperatur yang di ambil secara oral pada waktu pertama kali Anda bangun pagi. Temperatur ini akan mengalami sedikit peningkatan setelah masa ovulasi dan menetepa pada level tersebut sampai Anda mendapatkan haid berikutnya. Pada kenyataannya suhu basal tubuh akan tetap tinggi selama masa kehamilan.

Mual Dan Muntah - Tanda kehamilan yang klasik adalah mual di pagi hari. Kebanyakan rasa mual ini mulai terjadi sekitar minggu keempat sampai minggu kedelapan kehamilan, tapi bisa juga terjadi pada dua minggu pertama setelah kehamilan. Mual pada waktu Anda hamil ini biasa dikenal dengan Morning Sickness, tapi pada kenyataannya ini bisa terjadi kapan saja. Sepertinya ini terjadi karena peningkatan drastis kadar esterogen yang di produksi oleh plasenta dan janin. Hormon inilah yang menyebabakan pengosongan usus berjalan lebih lambat yang mengakibatkan terjadinya masalah ini.

Merasa Pusing - Hal ini biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil. Sensasi ini biasanya akibat dari perubahan sirkulasi pada saat pembuluh darah dalam tubuh Anda menjadi besar dan tekanan darah Anda akan menurun. Rasa pusing pada awal kehamilan bisa juga di sebabkan karena rendahnya gula darah Anda.

Sering Buang Air Kecil - Pada trimester pertama kehamilan kebanyakan wanita yang sedang hamil akan merasakan lebih sering ke kamar kecil dari biasanya. Hal ini disebabkan karena rahim yang menjadi besar sehingga menekan kandung kemih Anda.

Susah Buang Air Besar - Ini juga merupakan indikator awal pada waktu seorang wanita hamil. Ini di sebabkan karena meningkatnya jumlah hormon progesteron yang menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat, sehingga makanan akan lebih lambat masuk kedalam saluran pencernaan yang bisa menyebabkan susah buang air besar atau konstipasi.

Menjadi Lebih Sensitif - Hal ini biasanya terjadi pada saat trimester pertama kehamilan. ini disebabkan karena membanjirnya jumlah hormon dalam tubuh Anda. Jika Anda bukan tipe wanita yang sensitif, maka pada waktu Anda mengalami kehamilan maka Anda akan menjadi sensitif, yang bisa membuat Anda cepat emosi bahkan menjadi cengeng.

Jika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan seperti yang telah disebutkan diatas, mungkin alangkah baiknya Anda segera memeriksakan diri Anda kedokter atau bisa juga Anda melakukan tes kehamilan untuk membuktikan bahwa Anda memang benar-benar sedang hamil. Terutama bagi Anda yang tidak pernah mencatat siklus haid Anda.

Share this:

Disqus Comments