;

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Payudara Dan Gejalanya

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Payudara Dan Gejalanya


SmuaInfo - Setelah Anda mengetahui Fakta Tentang Payudara, ada baiknya juga jika Anda bisa mengetahui tentang kanker payudara itu sendiri beserta dengan gejalanya. Penyakit yang paling banyak di derita oleh para wanita ini merupakan momok yang menakutkan untuk para wanita. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani secara profesional.

Untuk itulah Anda harus bisa mengetahui gejala awal yang terjadi pada kanker payudara ini. Karena banyak para wanita yang tidak bisa mengenali gejala-gejala yang terjadi pada kanker payudara sehingga mereka terlambat untuk menangani pengobatannya.

Oleh sebab itu sangat penting untuk bisa mengetahui tentang kanker payudara ini beserta dengan gejalanya untuk mengurangi tingkat penderita kanker payudara.

  • Jenis Kanker Payudara
Ductal Carcinoma - Seperti yang dilansir oleh cancer.gov bahwa jenis kanker payudara yang paling banyak di derita oleh para wanita adalah Ductal Carcinoma. Kebanyakan jenis kanker payudara ini mulai terbentuk dalam sel saluran susu pada payudara wanita. Jika dilakukan persentasi pada penderita kanker payudara, maka 10 orang yang menderita kanker payudara, maka 7 orang diantaranya menderita kanker payudara jenis Ductal Carcinoma.

Lobular Carcinoma - Perkembangan yang terjadi pada jenis ini adalah pada bagian lingkaran Lobe dalam payudarayang berasal dari kelenjar-kelenjar seperti keringat, susu dan hormon. Penderita kanker payudara jenis ini terbilang jarang. Dari 10 orang wanita yang menderita kanker payudara, biasanya cuma terdapat satu orang yang terdeteksi kanker payudara jenis ini.

Masih ada lagi beberapa jenis kanker payudara yang lainnya yang merupakan paduan antara Ductal Carcinoma dan Lobular Carcinoma, tapi jumlahnya sangat sedikit. Juga ada lagi yang diluar jenis yang telah disebutkan tapi tidak umum.

  • Gejala Kanker Payudara
Gejala yang paling sering terjadi pada penderita kanker payudara adalah munculnya benjolan pada payudara. Benjolan ini ini tidak menyakitkan, keras dan memiliki batas tepi yang tidak merata. Tetapi beberapa kanker payudara mempunyai gejala lunak, lembut dan bulat. Intinya, jika Anda mengalami sesuatu yang tidak wajar pada payudara Anda, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Gejala lainnya yang timbul dari kanker payudara adalah :

- Bengkak pada seluruh atau sebagian payudara
- Kulit payudara terkena iritasi
- Puting susu terasa nyeri atau melesak kedalam
- Kulit pada payudara atau puting susu berwarna kemerahan, bersisik atau menebal
- Keluarnya cairan/darah dari puting (selain ASI)
- Penurunan berat badan yang signifikan

Jika Anda mengalami gejala-gejala kanker payudara seperti yang telah di sebutkan di atas maka segeralah menghubungi dokter, agar bisa di tangani sedini mungkin. Dan yang terpenting adalah jagalah selalu kebersihan area payudara Anda, agar tidak terkena kanker payudara.

pic by : merdeka.com

Share this:

Disqus Comments