;

Inilah Situs-situs Berbahaya Di Indonesia

Inilah Situs-situs Berbahaya Di Indonesia

News - Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat sekarang ini ternyata menjadi salah satu favorit malware untuk menyeberkan dirinya. Tidak pandang bulu, malware menyerang setiap situs yang di kehendakinya. Malware tidak akan peduli siapa pemilik situs tersebut, baik itu milik departemen pemerintah yang mempunyai sokongan dana yang terbilang besar, situs sekolah sampai dengan situs dari perusahaan swasta sekalipun pernah menjadi koraban malware Ramnit.

Malware Ramnit ini akan menghinggapi sebuah situs dan siap menginfeksi komputer siapapun yang mengkases situs yang telah terinfeksi tersebut. Yang menjadi masalah, virus seperti Ramnit ini masih tetap di temukan sampai sekarang. Menurut Vaksincom, penyebaran malware yang khusus menyebarkan dirinya melalui website seperti Ramnit, Iframe, Java Script, Dropper dan virus lokal juga tidak mau kalah dan menambahkan kemampuan menyebarkan dirinya melalui internet seperti Annie.sys aka Beautiful girl dengan menginjeksikan kodenya pada body file html.

Beberapa malware yang pernah menginfeksi situs perusahaan di Indonesia di tahun 2013 dan teridentifikasi oleh Gdata adalah JS.Trojan.Script.AAL yang sukses menginfeksi produsen air minum terbesar di Indonesia. (lihat gambar di bawah)

Situs Berbahaya Di Indonesia
Trojan Javascript yang menginfeksi situs perusahaan produsen air minum
Bahkan situs dari pemerintah pun pernah menjadi korban dari malware. Namun situs pemerintah yang pernah menjadi korban malware di tahun 2013 kebanyakan agak lambat untuk memperbaiki sistem keamanan yang ada pada situs mereka. Salah satu yang di hinggapi malware Ramnit adalah departemen yang membidangi pendidikan. Para pengakses situs ini adalah mayoritas pelajar-pelajar di Indonesia yang seharusnya di lindungi dari konten dewasa dan berbahaya termasuk malware. (lihat gambar dibawah)

Situs Berbahaya Di Indonesia
Situs kementrian yang menyebarkan Ramnit pada pengaksesnya di awal tahun 2013
Dikutip dari Vaksincom, tercatat masih ada 17 situs yang perlu diwaspadai dan jangan sekali-kali dikunjungi tanpa perlindungan antivirus yang memiliki perlindungan yang memadai seperti Web Protection dari G Data. Dari ke 17 situs tersebut, 7 situs merupakan situs pemerintah yang terdiri dari kementrian pendidikan, perusahaan BUMN listrik dan tidak ketinggalan situs pemerintah daerah, diikuti oleh 5 situs swasta yang terdiri dari perusahaan properti, cargo sampai e-commerce, 3 situs pendidikan yang terdiri dari 2 situs pendidikan tinggi dan 1 sekolah menengah dan 2 dari organisasi non profit.

17 Situs Berbahaya Di Indonesia
17 Situs Berbahaya Indonesia Desember 2013
Malware yang mendominasi dalam infeksi situs-situs tersebut di dominasi oleh Trojan (kuda troya). Jadi gunakanlah program antivirus yang benar-benar mumpuni untuk melindungi komputer Anda dari serangan-serangan malware seperti Trojan.

Share this:

Disqus Comments