;

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Otak Anda

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Otak Anda

Kesehatan - Sama seperti organ tubuh yang lain, seperti jantung dan ginjal yang membutuhkan nutrisi yang cukup agar mampu berjalan sesuai dengan fungsinya secara normal dan baik, otak pun juga demikian. Selain suplai nustri yang baik bagi otak Anda, kebiasaan pola hidup yang buruk juga sangat mempengaruhi fungsi kerja otak. Maka bersyukurlah Anda jika selama ini mempunyai kebiasaan pola hidup yang baik dan pola makan yang sehat.

Makanan Untuk Otak
Picture by : esqsmartplus.com
Seperti yang di lansir dari Health.com, ternyata ada beberapa jenis makan yang di percaya mampu untuk mengoptimalkan fungsi kerja otak, selain itu juga jenis-jenis makan tersebut mampu meningkatkan daya ingat Anda. Agar suplai nutrisi pada otak Anda tercukupi dengan baik, ada baiknya bila Anda mengkonsumsi makan-makan yang ada di bawah, antara lain:

Ikan Laut - Agar Anda bisa mengoptimalkan fungsi otak, ada baiknya bila Anda memasukan ikan laut dalam daftar makanan Anda, karena ikan laut mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak ini juga berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung Anda, menurunkan kadar kolestrol dalam darah, serta membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak omega 3 ini juga mempunyai fungsi untuk menyediakan oksigen yang lebih banyak bagi otak Anda, sehingga Anda bisa menyimpan informasi baru dan Anda juga masih bisa mengingat informasi lama yang tersimpan dalam otak Anda. Omega 3 banyak terdapat pada ikan salmon, tuna dan haring.

Sayuran - Selain ikan laut, sayur-sayuran juga termasuk bahan makanan yang bisa meningkatan daya ingat dalam otak. Karena sayuran merupakan sumber terbaik tersedianya vitamin E dan folat, tidak itu saja, sayuran juga mengandug vitamin B6 dan vitamin B12, senyawa ini dapat memecahkan kadar homosisten yang dapat menyebabkan lupa dan penyakit Alzheimer. Brokoli dan bayam ternyata sangat baik untuk anak-anak dan orang dewasa, karena sayuran tersebut mengandung senyawa vitamin yang sangat diperlukan oleh otak.

Buah Alpukat - Alpukat merupakan buah yang memiliki vitamin E dan aktioksidan yang paling tinggi di banding dengan buah lain. Buah ini juga mampu menurunkan resiko penyakit Alzheimer.

Biji Bunga Matahari - Biji bunga matahari ini termasuk dalam biji-bijan, dan merupakan sumber vitamin E terbanyak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Per 100 gram dari biji bunga matahari ini mengandung 30% asupan harian Anda terhadap vitamin E.

Kacang Tanah Dan Selai Kacang - Meskipun kacang tanah dan selai kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun tetep kedua makanan ini merupakan makanan yang miliki sumber lemak tertinggi di banding dari bahan makanan yang lainnya, selain itu kacang tanah dan selai kacang juga mengandung vitamin E, keduanya ini mampu menjaga jantung dan otak Anda tetap sehat agar berfungsi dengan baik.

Buah Beri - Menurut beberapa penelitian yang di lakukan oleh para pakar kesehatan bahwa buah bluebery, strawbery, raspberry dan buah beri ini sendiri, memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan ini sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak serta mampu membantu mengurangi penuaan pada otak Anda, sehingga Anda bisa meningkatkan daya memory otak Anda secara maksimal.

Gandum - Tidak hanya buah beri saja yang mampu meningkatkan daya kerja otak sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Beras merah, havermut, roti gandum, dan gandum juga di percaya mampu meningkatkan kesehatan dan menjaga kualitas fungsi otak Anda. Selain memiliki kadungan kabohidrat yang tinggi, gandum juga memiliki kandungan senyawa vitamin B1 yang tinggi, vitamin B1 ini mampu membantu sirkuliasi darah mengarah yang mengarah ke otak Anda, sehingga berjalan dengan lancar.

Selain menyediakan makanan-makanan tersebut dalam menu harian Anda, pola hidup yang sehat juga sangat berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi otak. Semoga artikel jenis makanan yang baik untuk otak Anda ini bermanfaat bagi Anda. (si/chr)


Jangan Lewatkan Juga : Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak

Share this:

Disqus Comments