;

Seribu Satu Manfaat Buah Tomat

Seribu Satu Manfaat Buah Tomat

SmuaInfo - Tomat, sapa yang tidak tau buah ini, buah yang berukuran kecil dan memiliki rasa sedikit asam ini bisa Anda temukan di beberapa makanan seperti sup, semur atau sambal tomat. Buah yang memiliki nama latin Lycopersicum Esculentum Mill ini merupakan tanaman asli dari negara Amerika Latin.

Manfaat Buah Tomat
Picture by : inagurasi.com
Banyak olahan-olahan yang menggunakan buah tomat, selain untuk campuran di masakan, buah tomat juga bisa di nikmati dengan cara di blender atau dimakan begitu saja.
  • Kandungan Gizi Buah Tomat
Buah tomat selain enak untuk campuran masakan, atau di olah dengan cara lain, ternyata dalam buah tomat mengandung senyawa betakaroten dan likopen paling banyak di banding dengan buah atau sayuran sejenisnya. Dalam tubuh Anda likopen dibuah menjadi vitamin A, C dan E, sehingga membuat buah tomat ini memiliki sifat antioksidan.

Menurut beberapa penilitian, likopen akan lebih maksimal di serap oleh tubuh Anda, jika setelah diolah, entah menjadi sup, semur atau saus tomat. Jadi mulai sekarang, ada baiknya bila Anda selalu menambahkan tomat pada campuran masakan Anda sehari-hari.

  • Manfaat Tomat Untuk Kesehatan
Selain sebagai bahan makanan yang enak untuk di komsumsi tenyata manfaat yang terkandung dalam buah tomat sangat baik bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat buah tomat bagi kesehatan Anda.

Mencegah Kanker - Karena kandungan likopen yang di miliki buah tomat sangatlah tinggi maka tidak heran bila tomat dijadikan buah yang mampu mencegah timbulnya penyakit kanker. Menurut laporan dari Journal of National Cancer Institute mengatakan bahwa sekumpulan pria yang mengkonsumsi 10 porsi makanan yang mengandung tomat jarang terkena penyakit kanker prostat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Illinois, mengatakan selain kanker prostat tomat juga mampu mecengah gejala penyakit kanker rahim, kanker lambung, kanker usus besar, kanker rektrum dan juga kanker pankreas.

Mencegah Penyakit Jantung - Selain berkhasiat untuk mencegah kanker, buah tomat juga dipercaya dapat mecengah terjadinya serangan jantung pada seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap para pria-pria Eropa menunjukkan bahwa, mereka yang memiliki kadar likopen yanng tinggi dalam tubuhnya, jarang terkena serangan jantung. Selain likopen dan betakaroten, buah tomat juga mengandung asam salisilat yang mampu mencegah pengentalan dalam darah Anda.

Melancarkan Pencernaan - Selain buah pepaya yang di percaya banyak orang mampu mengatasi masalah penrcernaan, ternyata tomat juga mampu mengatasi masalah pencernaan yang Anda alami. Kandungan serat, air dan mineral dan buah tomat inilah yang di percaya dapat mengatasi masalah pencernaan.

Kandungan mineral yang terdapat dalam buah tomat mampu merangsang terbentuknya air liur sehingga berfungsi sebagai penambah nafsu makan. Asam sitrat dan asam malmat nya juga mampu mencengah terbentuknya batu empedu, selain itu tomat juga memiliki zat tomatin yang berfungsi sebagai anti radang, zat anti radang inilah yang mambuat tomat berfungsi sebagai pecengah penyakit radang usus dan radang pada saluran pernafasaan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Selain kaya akan serat, air dan mineral, dalam tomat juga mengadung vitamin-vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh seperti vitamin A dan C, selain itu juga tomat juga mempunyai manfaat sebagai pencengah penyakit asam urat.

  • Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan
Selain berkasiat untuk kesehatan, buah mungil ini juga ternyata memiliki kasiat untuk perawatan kecantikan, berikut manfaat tomat yang bisa Anda dapatkan untuk perawatan kecantikan :

Menyehatkan Kulit - Kandungan vitamin B3 dalam tomat berfungsi memperlancar peredaran darah sehingga kulit mendapat cukup suplai makanan oleh sebab itu mengkomsumi tomat dalam takaran yang cukup, bisa menghaluskan kulit Anda.

Menghilangkan Jerawat - Selain bisa melancarkan pencernaan kandungan zat tomatin dalam buah tomat juga bermanfaat sebagai penghilang jerawat yang di wajah Anda, tidak hanya sebagai anti radang zat tomatin juga berfungsi sebagai anti bakteri. Oleh sebab itu tomat juga mampu mengatasi masalah jerawat Anda. Cara pun cukup sederhana belah buah tomat sehingga menjadi 4 bagian, oles-oleskan pada wajah, biarkan beberpa menit hingga kering, lalu bilas dengan air dingin.

Menghilangkan Komedo - Tidak hanya bermanfaat sebagai penghilang jerawat, tomat juga berfungsi sebagai penghilang komedo, cukup gunakan masker yang terbuat dari buah tomat tersebut secara teratur, hasilnya Anda akan mendapatkam hidung yang mulus terbebas dari komedo yang membandel.
.
Memutihkan Wajah - Banyak diantara kaum wanita yang mendambakan untuk memiliki kulit wajah yang putih dan mulus, maka tak heran bila saat ini banyak produk-produk buatan pabrik yang belum tentu aman bila Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun ini Anda tidak usah kuatir lagi, karena tomat pun juga bisa membuat kulit wajah Anda menjadi putih dan mulus

Caranya jus beberapa buah tomat hingga menjadi hancur, lalu campurkan jus tomat tersebut dengan air perasan jeruk lemon dan oatmeal, aduk hingga semua bahan tercampur dengan sempurna, oleskan pada wajah dan leher, diam kan selama 10 menit, hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Kulit putih alami kini bukanlah impian lagi.

Ternyata banyak sekali manfaat buah tomat yang bisa Anda peroleh dari buah mungil bernama tomat ini, selain berkasiat untuk kesehatan, untuk perawatan kecantikan pun tomat ini juga mempunyai kandungan manfaat yang sangat besar. Jadi tidak ada salahnya bila kini Anda selalu menambahkan tomat kedalam masakan Anda, untuk perawatan kecantikan beberapa tips yang sudah kami tulis diatas bisa Anda praktikan di rumah. Hemat, mudah dan alami. Semoga bermanfaat bagi Anda. (si/chr)

Share this:

Disqus Comments