;

Presiden Indonesia Pernah Tertipu

Presiden Indonesia Pernah Tertipu

SmuaInfo - Penipuan yang biasa marak terjadi dikalangan masyarakat ternyata memang membuat beberapa pihak menjadi geram di buatnya. Seperti yang terjadi pada seorang pria di India beberapa waktu yang lalu di artikel Tertipu Mendapat Lotere Atau Undian.
awas penipuan
Awas Penipuan
Ada berbagai macam modus yang dilakukan oleh orang-orang yang melakukan penipuan ini, seperti salah satunya dengan cara mengirimkan sms ke korban dengan mengatakan mendapatkan sejumlah besar uang tapi ternyata tidak ada. Yang paling marak sekarang adalah penipuan lewat bisnis online dan toko online.

Dan bukan hanya masyarakat biasa aja yang bisa terkena kejahatan seperti ini, tapi ternyata 5 presiden Indonesia juga pernah tertipu dari para oknum yang tidak bertanggung jawab ini. Inilah kisah dari 5 presiden kita tersebut.

Soekarno – Pada masa pemerintahan Soekarno tahun 1950 silam pernah di gemparkan penipuan yang dilakukan oleh 2 orang pasangan. Yang lebih miris lagi adalah penipu ini ternyata hanya seorang tukang becak dan wanitanya adalah seorang pelacur.

Mereka mengaku sebagai Raja Kubu suku anak dala di Jambi, Sumatera dengan menggunakan nama Raja Idrus dan Ratu Markonah. Kedatangan mereka di sambut dengan hormat oleh sejumlah pejabat negara waktu itu, dan bahkan sempat di liput oleh media serta di berikan fasilitas yang terbaik oleh negara selama berminggu-minggu.

Mereka sempat melakukan kunjungan di keraton Jogja dan Solo. Rahasia kebohongan mereka akhirnya terbongkar pada waktu seorang tukang becak teman Raja Idrus gadungan bertemu rombongan tersebut.

Soeharto – Pada tahun 1970 di era pemerintahan pak Harto, penipuan kembali terjadi oleh sorang wanita yang bernama Cut Zahra Fona asal aceh yang mengaku memiliki janin bayi ajaib. Dirinya mengaku bahwa janin tersebut bisa berbicara dan mengaji.

Akhirnya berita ini menjadi heboh bahkan berita ini membuat gempar dunia internasional, mulai dari pemerintah Pakistan sampai Perdana Menteri Malaysia, Tengku Abdul Rahman Putra. Bahkan beberapa ulama pun membenarkan hal tesebut bisa terjadi.

Akhirnya kebohongan ini terkuak oleh Kapolda Banjarmasin, Brigjen Abdul Hamid Swasono yang menemukan tape recorder mini yang biasa di pakai oleh wartawan. Memang tape recorder mini seperti itu masih sangat langkah pada masa itu.

Gus Dur – Beda presiden maka beda juga kisahnya. Pada saat pemerintahan Gus Dur, ada seorang tukang pijat pribadi Gus Dur yang bernama Soewondo nekad melakukan tindak pidana penipuan. Dirinya melarikan uang Yayasan Dana Kesejahteraan Karyawan (Yanetra) sebesar 35 miliar rupiah. Namun Soewondo akhirnya tertangkap dan dihukum selama 3.5 tahun penjara.

Megawati – Mungkin Anda masih ingat berita yang sempat heboh tentang harta karun di situs Batu Tulis, Bogor. Pada waktu itu Megawati yang menjabat sebagai presiden indonesia mendapatkan laporan tentang adanya harta karun tersebut. Akhirnya Menteri Agama, Said Agil Almunawar mengambil inisiatif untuk melakukan penggalian di situs tersebut karena menurutnya harta tersebut bisa untuk membayar semua hutang negara.

Dan akhirnya Megawati pun memberikan restu untuk melakukan penggalian situs tersebut. Namun ternyata harta tersebut tidak pernah ada dan memang tidak ada di sana.

Susilo Bambang Yudhoyono – Inilah presiden Indonesia yang sekarang, yang juga pernah ditipu oleh proyek Blue Energy. Kejadiannya bermula pada saat minyak gas menjadi langkah di Indonesia, yang kemudian ada seseorang yang memberikan terobosan yang mengejutkan bahwa dirinya bisa memproduksi air menjadi minyak mentah.

Proyek yang benama Blue Energy ini akhirnya menarik perhatian sang presiden untuk bisa merealisasikannya. Dari berbagai ahli telah mencegah hal ini karena mereka memang tau bahwa air sama sekali tidak bisa di konversi menjadi minyak mentah. Dan akhirnya memang penemuan ini memang tidak terbukti sama sekali.

Cukup aneh memang, orang nomor satu negeri ini bisa tertipu dengan berbagai macam modus. Tapi kita juga harus sadar bahwa mereka juga adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Semoga kita bisa belajar dari beberapa kejadian ini, agar kita bisa lebih waspada terhadap orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan terlalu percaya terhadap siapapun, bahkan orang terdekat kita sekalipun. Kita harus bisa melihat keadaan sebaik-baiknya agar kita bisa terhindar dari masalah yang tidak kita inginkan.

Jangan Lewatkan : Teknologi Yang Terinspirasi Dari Hewan

Share this:

Disqus Comments