;

Bahaya Mendengkur Dan Cara Mengatasinya

Bahaya Mendengkur Dan Cara Mengatasinya

SmuaInfo - Mendengkur atau yang biasa kita sebut dengan ngorok ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan karena bisa memicu terjadinya penyakit yang berbahaya seperti hipertensi, stroke dan jantung.
Mendengkur
Picture by : kesehatan22.com
Mendengkur atau ngorok ini merupakan gangguan tidur yang di alami oleh seseorang. Dalam istilah kedokteran di sebut dengan sleep apnoea. Keadaan ini terjadi karena penyempitan saluran pernafasan. Dan dalam keadaan tertentu gangguan ini bisa menyebabkan kematian.

Seorang pakar gangguan tidur dari Rumah Sakit St George Sidney Australia, Dr. Peter Cistulli, mengatakan bahwa penyempitan yang terjadi pada saluran pernafasan mengakibatkan suplai oksigen keseluruh tubuh menjadi terhambat.

Pada tinggkat tertentu bisa membuat pernafasan menjadi berhenti atau biasa di sebut dengan obstructive sleep apnoea. Kondisi seperti ini bisa terjadi berulang kali selama 10 sampai 60 detik. Menurut Dr. Peter Cistulli, dalam semalam orang yang mendengkur bisa berhenti bernafas sesaat sebanyak 300 kali.

Akibat dari mendengkur inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit seperti hipertensi, stroke dan jantung. Ini di sebabkan karena minimnya suplai oksigen ke organ tubuh termasuk jantung dan otak, sehingga organ tubuh ini akan bekerja keras menjalankan fungsinya. Kadar oksigen yang fluktuatif juga dapat merusak lapisan sel dalam pembuluh darah.

Yang harus di waspadai ketika seseorang mendengkur adalah pada waktu suara dengkuran yang terdengar semakin keras dan tiba-tiba berhenti kemudian di susul dengan hentakan nafas. Kondisi seperti itu memacu organ tubuh terutama jantung untuk bekerja lebih keras menghasilkan oksigen. Pada saat terbangun tubuh biasanya akan merasa sakit kepala dan linglung.

Untuk mengatasi dengkuran pada seseorang memang tidak mudah, tetapi ada cara yang efektif untuk bisa meminimalkan keadaan tesebut. Mari kita simak tips berikut.

Berhenti Merokok - Jika Anda adalah seorang perokok, sebaiknya mulai dari sekarang segeralah menghentikan kebiasaan tersebut. Racun yang terdapat pada rokok dapat memicu sistem pernafasan sehingga akhirnya memicu pola tidur mendengkur.

Kurangi Konsumsi Alkohol - Minuman yang mengandung alkohol dapat melemahkan sistem saraf pada bagian rahang dan tenggorokan, inilah yang menyebabkan terjadinya suara dengkuran.

Kurangi Berat Badan - Berat badan yang berlebihan adalah salah satu faktor penyebab seseorang mendengkur. Ini di sebabkan karena lipatan lemak pada sekitar leher yang membuat aliran udara menjadi terhambat.

Tidur Miring - Biasakanlah tidur dalam posisi miring, karena pada posisi iniakan membuat aliran udara menjadi lancar. Berbeda dengan tidur tengkurap atau telentang yang membuat organ pernafasan tertekan sehingga menimbulkan dengkuran.

Pakai Bantal Tinggi - Dengan memakai bantal yang lebih tinggi dari badan bisa membuat pernafasan menjadi lebih lancar sehingga bisa mencegah terjadinya dengkuran pada seseorang.

Semoga setelah mengetahui informasi ini, Anda bisa lebih menjaga pola hidup Anda dengan sebaik-baiknya sehingga Anda pun bisa hidup sehat dan bisa menikmati hidup Anda lebih lama lagi.

Baca Juga : Waktu Yang Tepat Minum Kopi

Share this:

Disqus Comments