;

Cara Mengetahui Dan Mengatasi Broken Link Pada Blog

Cara Mengetahui Dan Mengatasi Broken Link Pada Blog

SmuaInfo - Broken link atau link yang rusak pada blog konon bisa mempengaruhi SEO blog tersebut. Tiap blog biasanya tidak akan luput dengan masalah ini termasuk blog saya sendiri. Untuk itulah pemilik blog harus rutin untuk memeriksa link yang rusak dalam blog.

Ada beberapa cara yang dilakukan oleh para blogger untuk mengatasi masalah seperti ini. Salah satunya adalah dengan menghapusnya di halaman webmaster. Tapi ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengetahui dan mengatasi broken link pada blog Anda.

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan satu situs yang menyediakan fasilitas seperti ini. Salah satu situsnya adalah brokenlinkcheck.com. Dari sini kita bisa mengetahui dan mengatasi broken link pada blog.

Menurut pengalaman saya selama ini, broken link atau link yang rusak pada blog terjadi karena kesalahan penulisan pada link yang dituju atau bisa juga artikel yang di tuju link tersebut telah dihapus. Broken link atau link rusak ini juga banyak kita temui pada kolom komentar blog.

Dalam kasus ini saya hanya ingin menghapus beberapa link yang rusak pada artikel saja dan bukan pada kolom komentar. Karena artikel merupakan senjata utama satu blog. Para pengunjung blog tidak akan terlalu fokus pada komentar tapi tentunya akan berfokus pada artikel yang Anda buat.

Jadi sebelum proses penghapusan broken link ini sebaiknya Anda menonaktifkan kolom komentar blog Anda untuk sementara, atau bisa diganti dengan komentar dari G+, agar proses penghapusan link yang rusak ini bisa maksimal. Jika telah selesai mari kita lakukan prosesnya.

1. Silahkan menuju www.brokenlinkcheck.com (tanpa register)

2. Masukkan url blog Anda di kolom yang di sediakan kemudian isi kode verfikasi. (lihat gambar)
Proses 1
Langkah Pertama

3. Setelah Anda klik Find Broken Links Now, proses pencarian broken link dimulai, tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan selanjutnya seperti pada gambar di bawah.
Proses 2
Langkah Kedua

4. Sebagai contoh blog saya di temukan ada 6 broken link yang terdapat dalam beberapa artikel dari 206 artikel. Selanjutnya temukan sumber broken link tersebut dengan mengklik 'src'. Anda akan dibawah ke Tab baru untuk melihat sumbernya, contohnya lihat gambar dibawah.
Proses 3
Klik Gambar Untuk Memperbesar

5. Dari gambar di atas kita bisa mengetahui ternyata ada kesalahan dalam penulisan link tersebut. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengeditan langsung ke artikel tersebut. Masuk ke dasbor blog Anda kemudian edit artikel yang terdapat link tersebut diatas, contohnya lihat gambar dibawah.
Proses 4
Klik Gambar Untuk Memperbesar

6. Biasanya ada beberapa link rusak dalam satu artikel ini. Pada contoh ini saya menemukan ada 4 yang rusak. Perbaiki semuanya sampai benar-benar tidak ada lagi yang rusak. Kemuadian update kembali artikel tersebut.

7. Lakukan hal yang sama untuk setiap broken link yang di temukan pada nomor 4. Jika semuanya telah selesai, cek kembali blog Anda dengan melakukan langkah pada nomor 1 dan 2. Jika semuanya telah selesai maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Proses 5
Hasil Perbaikan Link Yang Rusak

Sebaiknya Anda rutin untuk melakukan pengecekan broken link pada blog Anda, minimal seminggu 2 kali. Semoga setelah melakukan hal ini, semua broken link pada blog Anda bisa diatasi. Jika Ada yang kesulitan melakukan tips ini, silahkan langsung berkomentar saja.

Baca Juga : Cara Cek Keyword Dari Alexa Ke Google

Share this:

Disqus Comments