;

Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya

SmuaInfo - Salah satu hal biasa yang terjadi pada seorang wanita adalah masalah keputihan. Biasanya keputihan terjadi pada saat sebelum ataupun saat wanita sedang mengalami menstruasi. Tapi ada jenis keputihan yang tidak normal dan tergolong cukup berbahaya bagi tubuh.
Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi by : klikdokter.com

Keputihan yang tidak normal seperti cairan yang keluar dari miss V tapi warnanya tidah bening. Warnanya bisa putih kekuningan, kehijauan atau kecoklatan serta berbau dan menimbulkan rasa gatal pada miss V.

Ada beberapa penyebab dari keputihan seperti karena infeksi bakteri, virus, jamur dan parasit. Jangan pernah menganggap remeh keputihan karena keputihan bisa menyebabkan kemandulan, kanker dan bahkan juga kematian.

Pengertian keputihan secara sederhana adalah cairan yang keluar dari vagina yang berwarna putih kekuningan atau putih kekelabuan baik itu encer atau kental, berbau tidak sedap dan menyebabkan rasa gatal. Mari kita simak sama-sama penyebab dari keputihan.

Keputihan Karena Parasit - Terjadi dari hubungan seks, perlengkapan mandi, pinjam meminjam pakaian dalam atau bibir kloset. Cairan keputihannya sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dan berbau anyir. Keputihan yang di sebabkan karena parasit Trichomonas Vaginalis ini tidak menyebabkan gatal, tapi liang vagina akan teraka nyeri apabila ada tekanan.

Keputihan Karena Virus - Sering terjadi karena infeksi virus yang di timbulkan dari penyakit kelamin seperti Condyloma, Herpes, HIV/AIDS. Condyloma sendiri ditandai dengan tumbuhnya kutil yang sangat banyak disertai dengan cairan yang berbau.

Hal seperti ini paling banyak di alami oleh wanita yang sedang hamil. Sedangkan virus Herpes dapat ditularkan lewat hubungan badan. Bentuknya seperti luka yang melepuh yang terdapat di sekeliling liang vagina dan mengeluarkan cairan gatal dan terasa panas. Gejala kekeputihan akibat virus juga bisa menjadi pemicu kanker rahim.

Keputihan Karena Jamur - Biasanya di sebabkan karena jamur Candida Albicans yang menimbulkan rasa gatal di sekitar vulva atau vagina. Infeksi ini berwarna putih susu kental, berbau agak keras dan disertai dengan rasa gatal pada kemaluan.

Akibat dari infeksi ini adalah mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Paling sering terjadi pada saat kehamilan, penyakit karena kencing manis, pemakaian pil KB dan rendahnya daya tahan tubuh menjadi pemicu.

Untuk wanita yang akan melahirkan sebaiknya harus berhati-hati dengan jamur seperti ini karena bayi yang baru lahir bisa tertular keputihan akibat dari jamur jenis Candida. Karena pada saat persalinan tanpa sengaja bayi bisa menelan cairan ibunya yang menderita keputihan tersebut.

Keputihan Karena Bakteri - Infeksi ini menyebabkan rasa gatal dan mengganggu. Dengan warna cairan keabuan, berair, berbuih dan berbau amis. Beberapa jenos bakteri lainnya bisa juga memicu munculnya penyakit kelamin seperti Sifilis dan Gonorrhoea.

Bakteri Gardnerella Dan pada keputihan disebut Bacterial Vaginosis biasanya muncul pada saat kehamilan, gonta-ganti pasangan, penggunaan alat KB spiral atau iud.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan ini. Bisa diatasi secara medis dan bisa juga secara alami atau tradisional. Berikut ini adalah cara mengatasi keputihan pada wanita secara alami atau secara tradisional.

Dengan Delima Kering - Yang dibutuhkan adalah 30 gram kulit delima kering dan 30 gram sambiloto yang di rebus dengan 600 cc air sampai tersisa hanya 300 cc. Kemudian airnya diminum selagi hangat. Pemakaiannya secara teratur 2 kali sehari.

Dengan Lidah Buaya - Caranya pertama adalah kupas kulit lidah buaya secukupnya lalu di jus kemudian di rebus bersama 30 gram sambiloto dengan air secukupnya. Setelah itu airnya diminum selagi hangat. Pemakaian secara teratur 2 kali sehari.

Cara yang kedua dengan menggunakan Lidah Buaya adalah dengan cara kupas kulit lidah buaya lalu jus bagian dalamnya lalu rebus bersama 30 gram sambiloto dan sirih secukupnya. Setelah mendidih, gunakan air rebusan untuk membersihkan vagina dalm keadaan hangat. Pakai secara teratur 2 kali sehari.

Dengan Daun Jengger Ayam - Siapkan bahan berupa 15 gram bunga jengger ayam kering, 15 gram sambiloto kering dan 10 lembar daun iler yang segar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saringlah kemudian di minum secara teratur 2 kali sehari.

Yang perlu di perhatikan adalah penyakit keputihan yang sering di alami oleh wanita terjadi karena kurang menjaga kebersihan kulit atau pakaian yang di kenakannya sehingga bisa menyebabkan jamur penyebab keputihan berkembang biak.

Selain itu bisa juga di sebabkan karena adanya peradangan yang terjadi pada saluran rahim. Untuk itu rutinlah mengkonsumsi obat tradisional untuk mengatasi keputihan ini sehingga Anda bisa terbebas dari keputihan.

Baca Juga : Tips Menjaga Agar Miss V Tetap Sehat

Share this:

Disqus Comments