;

Efek Tidak Baik Dari Mandi Malam

Efek Tidak Baik Dari Mandi Malam

Efek dari mandi malam untuk orang yang rematik
"Mandi kembang tengah malam jangan kau lakukan......" Anda pasti tau donk lagu itu...??? Trus apa hubungannya...??? Karena saya akan share tentang Efek Tidak Baik Dari Mandi Malam. Lagu tadi ternyata ada benarnya juga ya, karena ternyata mandi dimalam hari tidak baik untuk kesehatan kita apalagi kalau pake kembang hihihihi. Lalu kenapa sih mandi malam itu tidak baik untuk kesehatan kita? 

Ternyata mandi malam tidak baik dan tidak disarankan untuk mereka yang menderita penyakit yang namanya rematik. Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa udara dingin dan air dingin memang merupakan faktor predisposisi yang dapat menyebabkan nyeri pada sendi Anda. Itulah sebabnya penderita rematik atau jenis rematik lainnya sebaiknya menghindari mandi di malam hari. Tetapi jika Anda ingin tetap mandi dimalam hari sebaiknya Anda menggunakan air hangat.

Suhu dingin kita ketahui bisa mengakibatkan kapsul sendi mengalami pengerutan. Kondisi peperti inilah yang menyebabkan munculnya rasa nyeri pada penderita rematik. Itulah sebabnya sangat disarankan jika Anda ingin mandi malam hari gunakanlah air hangat.


Menurut Dr Andry Reza Rahmadi, SpPD, MKes, dokter spesialis penyakit dalam RS Hasan Sadikin Bandung, bahwa mandi air hangat sangat dianjurkan untuk mereka yang sudah terkena penyakit artritis reumatoid atau rematik lainnya. Tidak benar jika orang yang sehat lalu mandi malam kemudian terkena rematik. Sampai sekarang belum ada bukti yang bisa membuktikan bahwa hal tersebut benar.


Seseorang bisa menderita rematik akibat mandi di malam hari hanyalah mitos belaka. Dr Andry menegaskan bahwa itu tidak benar, yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki rematik sebaiknya hindari mandi malam. Dalam hal ini kurun waktu yang dikatakan malam yaitu selepas Magrib sampai pagi berikutnya. Tapi, bergantung pula pada daerah tempat tinggal orang tersebut. Mereka yang tinggal di daerah pegunungan suhu dinginnya mungkin bisa didapat dalam waktu yang lebih sore.

Jadi bukan berarti jika anda mandi malam maka Anda akan terkena rematik, tetapi orang yang telah terkena rematik disarankan untuk tidak mandi malam menggunakan air yang dingin. Dengan kata lain Efek Tidak Baik Dari Mandi Malam hanya berlaku untuk Anda yang terkena rematik.

Share this:

Disqus Comments