;

6 Jenis Jeroan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

6 Jenis Jeroan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kesehatan - Bagi sebagian orang, terutama masyarakat Indonesia, jeroan atau organ bagian dalam binatang ini merupakan sumber kolesterol tinggi, maka dari itu banyak orang yang memilih menghidari untuk mengkonsumsi jeroan ini.

Jeroan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Picture by : flickr.com
Dikutip dari Daily Mail, bahwa sebenarnya dalam jeroan mengandung nilai gizi tertentu dan banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh jika Anda mengonsumsi jeroan dengan kapitas yang tepat dan tidak berlebihan. Berikut 6 jenis jeroan yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, antara lain:

Hati - Sumber enegri dan zat besi yang paling banyak dapat Anda temui di hati sapi, kandungan zat besinya bahkan dapat mengalahkan seikat sayur bayam. Hati juga dipercaya mempunyai kandungan yang sangat penting untuk pertumbuhan otak, kekuatan tulang dan juga sangat baik untuk imunitas tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di dalam hati adalah protein sebesar 33,4 gram, lemak 14,4 gram, kalori sebesar 335. Cara pengelolahan yang baik untuk hati adalah dengan cara menggorengnya.

Ginjal - Ginjal merupakan sumber protein yang sangat baik, proteinnya setara dengan enam butir telur dan lima ikat bayam. Ginjal juga memeliki zat yang mengandung antioksidan yang baik baik untuk tubuh Anda, di negara barat bisanya ginjal disajikan dengan mustrad dan krim. cara pengelolahan ginjal yang baik adalah dengan menggorengnya. Kandungan nutrisi yang dapat Anda temukan di ginjal sapi adalah protein sebesar 36,7 gram, lemak sekitar 6,6 gram, sedangkan kalorinya sebesar 207 gram.

Lidah - Di negara-negara barat lidah biasanya digunakan sebagai isian untuk sandwich, lidah yang biasanya di pakai adalah lidah sapi, diantara jeroan lain lidah merupakan bagian dalam binatang yang mengadung paling banyak manfaatnya. Lidah mengandung tiga kali lebih banyak zat besi, tujuh kali lebih banyak vitamin B12, dan enam kali lebih banyak vitamin C. Kadungan protein pada lidah ada sekitar 27,3 gram, lemak 36 gram dan kalorinya sebanyak 433 gram. Cara pengelolahan yang baik bagi lidah dengan cara merebusnya.

Jantung - Jantung akan sangat nikmat bila di rebus, dimasak semur atau di jadikan isian untuk sandwich. Jantung memiliki kandungan vitamin B yang paling lengkap, jantung juga mengandung lebih banyak protein di banding ginjal, selain itu jantung juga di percaya sebagai makanan yang paling baik untuk menurunkan berat bedan. Mengkonsumsi seporsi jantung di percaya dapat memenuhui kebutuhan zat besi bagi pria dewasa. Nilai nutrisi seporsi jantung adalah protein 37,9 gram, lemak 20,8 gram dan kalori sebesar 339.

Babat - Sumber kekuatan untuk tulang dapat Anda peroleh dari babat, selain itu babat juga baik di konsumsi bagi Anda yang melakukan program diet karena babat memiliki lemak yang sedikit, sekitar 0,75 gram saja. Namun untuk kandungan kalsium babat cukup mengejutkan, 52 miligram per 100 gram nya. Di negara barat, biasanya babat di sajikan dengan campuran kentang tumbuk.

Buntut - Buntut memiliki kandungan nustri protin sebesar 45,7 gram, untuk kandungan lemak nya buntut memiliki 20,1 gram, sedangkan kalorinya sekitar 365. Ternyata buntut mampu mengobati flu, cukup di campurkan kedalam sup yang hangat dan kaya akan kaldu. Seporsi kecil sup buntut mengandung 15 miligram zat besi, buntut juga di percaya baik untuk pembentukan otot. Biasanya buntut dimasak dengan cara merebus kemudian mencampurnya dengan kaldu untuk di buat sup.

Yang harus Anda jaga dalam mengkonsumsi jeroan ini adalah jangan terlalu berlebihan, karna kalau terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Tapi jika Anda bisa mengontrolnya ini akan sangat baik untuk kesehatan Anda. (si/chr)

Share this:

Disqus Comments