;

Bekerja Terlalu Keras Bisa Terkena Serangan Angina

Bekerja Terlalu Keras Bisa Terkena Serangan Angina

Kesehatan - Baru-baru ini seorang aktor asal Inggris, Paul O'Grady, harus di larikan ke rumah sakit saat dirinya sedang bekerja, seperti yang sudah diketahui bahwa aktor ini merupakan work holic atau orang yang sangat gemar sekali bekerja. Ternyata aktor tampan ini sudah dua kali mengalami serangan jatung, Namun kali ini yang menyerangnya bukanlah serangan jantung yang biasa tatapi serangan angina.

Serangan Angina
Picture by : ndtv.com
Angina merupakan serangan sakit yang mendadak pada bagian dada, ini sebabkan oleh aliran darah yang mengarah ke jantung berkurang. Jika Anda perhatikan angina ini mirip dengan serangan jantung yang biasa terjadi. Penyebab utama angina adalah pembulu darah arteri yang bertugas untuk menyuplai darah ke jantung mengalami penyempitan atau lebih sederhananya otot-otot yang terdapat di pembuluh arteri tersebut mengeras.

Seperti yang pernah di ungkapkan oleh NHS Choices, yang dikutip dari Mirro bahwa awal rasa sakitnya akan muncul pada bagian dada, lalu menjalar ke lengan kiri, leher, dagu hingga punggung.

Secara sederhana angina akan muncul selang beberapa menit setelah Anda melakukan aktifitas fisik yang cukup berat, stress, udara dingin dan bahkan setelah Anda makan. Ternyata serangan angina yang dialami oleh Paul disebabkan karena dirinya terlalu keras bekerja dan stress.

Angina di bagi menjadi dua jenis, yang pertama:

Angina Stabil - angina stabil ini datang saat kerja jantung Anda di paksa untuk bekerja terlalu keras, misalnya saat Anda melakukan aktifitas fisik, stress yang Anda alami secara mental maupun emosional. Gejala rasa sakit yang di timbulkan angina stabil ini masih bisa Anda kendalikan setelah Anda beristirahat beberapa saat.

Angina Tidak Stabil - Rasa sakit yang di timbulkan dari angina tidak stabil ini rupanya masih sangat sulit untuk di tebak. Rasa sakitnya bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, tanpa gejala terlebih dahulu. Faktor utama munculnya angina tidak stabil ini disebabkan oleh kondisi jantung yang tidak sehat.

Biasanya angina ditandai dengan munculnya rasa sakit pada dada, sesak nafas, badan tidak enak, kelelahan secara tiba-tiba, dan pusing. Dan bahkan rasa sakit yang tidak berarti dapat menjadi gejala munculnya angina. Namun rasa sakit tersebut biasanya disertai dengan perasaan yang tidak stabil atau panik. Jadi setiap rasa sakit yang menyerang Anda jangan pernah Anda anggap enteng, karena bisa jadi serangan itu merupakan angina.

Sangat di sarankan untuk mengunjungi dokter ahli jantung, bila Anda pernah mengalami gejala-gejala seperti diatas lalu ceritakan apa yang pernah Anda alami agar Anda bisa dengan segera mendapat penanganan medis yang tepat.

Beberapa pengobatan bisa Anda manfaatkan dengan baik saat meredakan sakit akibat serangan angina tersebut atau Anda bisa meninimalis munculnya potesi serangan angina. Dalam pengobatan darurat bisa digunakan gliseril trinitrat.

Dengan menjalani pola hidup sehat seperti rajin berolaraga, tidak merokok, menjaga berat badan agar tetap stabil, rutin melakukan cek tekanan darah atau kolesterol serta melakukan diet yang sehat di percaya mampu menurunkan potensi terjadinya serangan angina. Bila keadaan yang Anda rasakan menjadi lebih parah, bukan tidak mungkin Anda akan melakukan operasi jantung.

Alangkah baiknya bila Anda selalu memperhatikan kesehatan diri sendiri, terutama kesehatan jantung, selain berolaraga atau melakukan hal-hal yang mampu membawa dampak yang baik bagi kesehatan jantung Anda, kebiasaan pola makan yang baik pun sudah sepatutnya Anda lakukan sejak sekarang. Seperti kata pepatah "lebih baik mencengah daripada mengobati". Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (si/chr)



Baca Juga Tips Kesehatan Lainnya : Jeroan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Share this:

Disqus Comments