;

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak

Kesehatan - Otak bagi manusia merupakan organ tubuh yang paling penting, otak bagi manusia merupakan pusat kendali tubuh. Bisa kan membayangkan bila otak dalam tubuh Anda tidak bekerja dengan baik? Jadinya, semua aktifitas yang Anda lakukan tentu akan sangat terganggu. Oleh sebab itu, Anda perlu menghidari kebiasaan-kebiasan buruk yang dapat mengganggu kinerja otak dalam tubuh Anda.

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak
Picture by : forum.kompas.com
Berikut ini adalah kebiasaan yang bisa merusak otak yang mungkin secara tidak sadar Anda juga lakukan, kebiasaan-kebiasaan ini mampu membuat otak tidak bekerja dengan baik :

Tidak Mau Sarapan - Jangan pernah anggap remeh kebiasan untuk sarapan pagi, bila Anda tidak sarapan hal tersebut mampu menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah Anda, yang mengakibatkan nutrisi untuk otak akan sangat berkurang, inilah yang dapat menyebabkan kemunduran otak. Cukup sarapan pagi dengan air putih atau dengan segelas jus buah segar, sederhana namun sarapan pagi ini mampu memenuhi nutrisi otak Anda dalam sehari.

Kebanyakan Makan - Ternyata kebanyakan makanan bisa berdampak buruk bagi otak, karena pembulu darah dalam otak bisa mengeras, dan ini mampu membuat menurunnya kekuatan mental seseorang.

Merokok - Anda pasti sudah tau dampak buruk apa yang di timbulkan dari kebiasaan merokok bagi kesehatan Anda, selain membuat kinerja paru-paru menjadi tidak sehat lagi, bagi otak juga dampaknya sangatlah buruk. Otak Anda lama-kelamaan bisa mengalami penyusutan dan akhirnya kehilangan fungsinya.

Terlalu Banyak Komsumsi Gula - Mengkonsumsi gula atau makanan yang manis ternyata mampu membawa dampak buruk bagi otak Anda. Asupan gula yang terlalu banyak dapat menyebabkan penyerapan protein dan gizi pada otak menjadi terhambat, hingga tubuh pun kekurangan nutrisi dan perkembangan otak pun bisa terganggu. Oleh sebab itu ada baiknya bila konsumsi akan gula atau makanan manis bisa Anda kurangi.

Polusi Udara - Terlalu lama ada di lingkungan yang mempunyai polusi udara tinggi mampu membuat kerja otak menjadi tidak baik. Karena otak Anda memerlukan oksigen dengan jumlah yang cukup.

Kurang Tidur - Tidur cukup akan membuat kerja otak menjadi sehat dan bugar, yang di maksud tidur cukup, tidur antara 6-8 jam sehari. Karena tidur yang teratur dan cukup memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Kurang tidur juga mampu membuat sel-sel dalam otak mati kelelahan, kebayakan tidur pun bisa membuat Anda menjadi pemalas.

Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur - Mungkin banyak diantara Anda yang mempunyai kebiasan saat tidur menutup bagian wajah Anda. Taukah Anda bila kebiasaan itu bisa berbahaya bagi otak Anda? Karena karbondioksida yang di produksi tubuh saat Anda tidur mampu mencemari otak Anda, sehingga lama-kelamaan otak bisa menjadi rusak dan kehilangan fungsinya.

Berfikir Terlalu Keras Ketika Sedang Sakit - Belajar terlalu keras atau bekerja terlalu keras saat kondisi tubuh tidak sehat ternyata mampu membuat sel-sel penunjang pada otak mati dan mampu membuat kerja otak menjadi tidak efektif.

Kurang Stimulasi Otak - Jika otak Anda kurang mendapatkan stimulasi ada kemungkinan besar otak Anda bisa mengalami penyusutan dan akhirnya bisa tidak berfungsi dengan maksimal. Lakukanlah kegiatan agar otak Anda selalu mendapat stimulasi atau rangsangan yang dapat membuat otak Anda terbiasa berfikir dan menjadi kreatif, seperti rajin membaca, mendengar musik, atau bermain catur, scrabble atau permainan lainnya yang bersifat berfikir.

Jarang Berbicara - Ternyata berbicara sesuatu hal yang sederhana namun penting untuk stimulus otak Anda, orang yang jarang berbicara mampu mambawa dampak yang buruk bagi otak. Percakapan yang bermutu akan membawa efek yang bagus pada kerja otak, selain itu baik juga untuk kesehatan Anda.

Terkadang hal-hal yang Anda sepele bisa berdampak buruk bagi kesehatan otak Anda. Jika pernah atau terbiasa melakukan hal-hal yang sudah Anda baca diatas, ada baiknya bila Anda untuk sedikit merubah kebiasaan tersebut, karena otak merupakan pusat kendali segala aktifitas yang Anda lakukan. (si/chr)


Share this:

Disqus Comments