;

Mengolah Bahan Dapur Menjadi Bahan Perawatan Kecantikan

Mengolah Bahan Dapur Menjadi Bahan Perawatan Kecantikan

Tips Cantik - Tidak selamanya cantik itu selalu harus memakai kosmetik bermerk dengan harga yang sangat mahal. Dengan sedikit saja usaha yang Anda lakukan, Anda sudah bisa menjadi cantik hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sering Anda temui di dapur.

Meskipun bahan-bahan ini lebih banyak di gunakan untuk bahan dasar sebuah masakan, namun bahan-bahan ini dapat Anda gunakan untuk perawatan kecantikan. Karena dalam bahan-bahan ini mengandung beberapa vitamin, mineral dan senyawa-senyawa lainnya yang dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat.

Bahan Dapur
Picture by : impiana.krangkraf.com
Kentang - Selain bisa diolah menjadi perkedel atau kentang goreng, kentang ini mampu menghapus noda hitam akibat penuaan dini dan noda bekas jerawat. Caranya, hancurkan kentang atau iris tipis-tipis, lalu maskerkan pada wajah Anda, tunggu beberapa menit agar zat-zat mineral yang ada di dalam kentang ini meresap dengan sempurna. Kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan setidaknya seminggu sekali agar Anda dapat mamperoleh hasil yang maksimal.

Pisang - Pisang tidak hanya bisa di konsumsi begitu saja atau di jadikan panganan pisang goreng yang lezat. Ternyata pisang juga memiliki kemampuan dalam mengobati jerawat. Hancurkan pisang hingga benar-benar halus. Kemudian maskerkan pada wajah Anda, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air biasa. Agar hasilnya sempurna Anda perlu melakukannya 2 kali dalam seminggu.

Gula Palem - Tidak hanya bisa di gunakan dalam olahan kue saja namun gula palem ini juga mempunyai khasiat yang baik bagi kulit wajah Anda. Diantaranya adalah mampu mengecilkan pori-pori kulit dan sangat efektif untuk menghaluskan kulit wajah. Caranya, Anda cukup campurkan gula palem tersebut dengan minyak zaitun atau olive oil atau madu, agar campuran ini dapat menempel dengan efektif pada wajah Anda. Lalu aplikasikan pada wajah Anda, tunggu beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air dingin, lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Teh - Jangan terburu-buru membuang kantung teh pada saat Anda menyeduh teh. Karena ampas teh yang ada dalam kantung teh tersebut ternyata dapat menghilangkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata Anda. Selain itu dapat membuat mata Anda lebih rileks dan tidak sembab lagi. Caranya cukup sederhana, taruh kantung bekas seduhan teh tersebut pada mata, dan tunggu hingga beberapa menit tanpa di bilas, cukup di usap saja dengan kain atau tissu yang bersih secara lembut.

Santan - Oleh Kebanyakan orang santan digunakan untuk penambah rasa dalam olahan makanan seperti opor ayam, dan kare kepiting. Namun santan tidak hanya terbatas sebagai bahan yang di campurkan dalam olahan masakan tapi santan juga bisa merawat kesehatan rambut Anda. Bila Anda memiliki rambut yang kurang sehat seperti, rambut kering, gampang rontok, bercabang dan pecah-pecah, mungkin Anda bisa mencoba perawatan rambut dengan menggunakan santan. Cukup sederhana, lakukan masker ini pada rambut Anda, lalu berkeramaslah seperti biasa, hasilnya rambut Anda akan lebih lembab dan tidak kering lagi. Anda bisa melakukan perawatan rambut dengan santan sesering mungkin dan rutin, agar hasilnya lebih memuaskan.

Madu - Banyak dari Anda yang tentunya sudah mengetahui khasiat apa yang ada di dalam madu, tidak hanya baik di konsumsi seperti biasa, dicampurkan dalam mimunan atau di jadikan sebagai bahan masker. Madu juga mampu memberikan efek yang bagus bagi kesehatan kulit Anda. Tidak hanya itu saja, bila Anda mengalami masalah jerawat yang meradang, konsumsi satu sendok madu secara rutin dan maskerkan juga pada wajah Anda, jerawat pun akan lekas sembuh dan tidak berbekas.

Kopi - Siapa yang tak kenal dengan kopi. Aroma dan rasanya yang khas maka tak heran jika biji yang memiliki nama latin coffea ini banyak sekali penikmatnya. Selain enak untuk di minum, ternyata kopi memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan. Jangan terburu-buru untuk membuang ampas kopi yang telah Anda seduh, ampas kopi ini dapat Anda gunakan untuk scrub wajah. Khasiatnya kulit wajah akan semakin halus, kerutan-kerutan pada wajah pudar serta kulit wajah Anda tampak lebih segar. Gosokkan pada bagian wajah Anda dengan gerakan melingkar, lalu diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air biasa.

Tak harus mengeluarkan uang banyak untuk menjadi cantik kan? Cukup sisihkan 10 - 15 menit waktu Anda sehari untuk melakukan aneka perawatan yang efektif ini. Bahan-bahannya pun tidaklah sulit, ada sekitar Anda. Lakukan perawatan ini secara rutin agar hasil yang Anda dapatkan bisa sesuai dengan harapan Anda dan jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Selamat mencoba. (si/chr)

Share this:

Disqus Comments