;

4 Tips Sukses Bisnis Makanan Ringan

4 Tips Sukses Bisnis Makanan Ringan

SmuaInfo - Pelaku bisnis makanan ringan termasuk yang paling banyak sekarang ini karena bisnis ini sederhana, mudah dan fleksibel dalam segi permodalan, dengan artian bahwa bisnis ini bisa dijalankan dengan dengan modal yang kecil maupun besar. Dengan semakin banyaknya bisnis ini maka di simpulkan bahwa bisnis ini akan semakin ketat dalam persaingan.

Tips Sukses Bisnis Makanan Ringan
Picture by : mamyrasyha.blogspot.com
Dengan semakin banyaknya persaingan berarti peluang bisnis makanan ringan ini mempunyai prospek yang cukup baik di masa yang akan datang. Tapi tentu saja jika ingin bisa sukses di bisnis ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Berikut ini 4 tips sukses bisnis makanan ringan.

Buatlah Kemasan dan Logo Brand Yang Menarik - Apabila Anda sedang berbelanja ke supermarket pastinya Anda akan melihat banyak sekali produk makanan ringan dengan jenis yang sama tapi berbeda produsennya. Hal yang pertama Anda perhatikan pasti adalah kemasannya. Anda pasti akan tertarik dengan sebuah produk jika melihat kemasannya yang rapi, logo yang jelas, dan informasi yang lengkap yang tertera pada kemasannya.

Dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk membuat satu kemasan atau logo serta gambar pada kemasan. Bahkan bagi beberapa produsen besar yang telah memiliki brand kuat di masyarakat berani mengeluarkan dana yang besar hanya untuk membuat design, logo dan slogan untuk produk baru yang akan diluncurkan.

Rasa Yang Unik - Hal ini adalah wajib hukumnya, tetapi rasa yang khas adalah hal yang utama. Setiap pengusaha yang bergerak dalam bidang makanan ringan ini tentunya akan bersaing pada rasa yang akan mereka tawarkan ke konsumen. Rasa yang enak merupakan acuan pertama pada bisnis makanan dan kebanyakan yang terjadi bahwa rasa enak tersebut adalah hasil duplikasi dari produk-produk pada umumnya. Mungkin akan sangat jarang kita dapatkan sebuah produk makanan dengan rasa yang unik.

Jika rasa makanan Anda sama dengan produk pada umumnya dan tidak memiliki keunikan tersendiri maka konsumen cenderung hanya memperhatikan harganya. Persaingan ke depannya dengan para kompetitor lain hanya akan terjadi perang harga yang cenderung saling menurunkan harga bukan menaikkan kualitas. Persaingan seperti ini sangat tidak baik dan harus dihindari karena akan membuat usaha Anda sulit untuk berkembang.

Maksimalkan Promo - Selanjutnya adalah melakukan promosi. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini akan memudahkan Anda untuk bisa memaksimalkan produk Anda. Komunikasikan melalui berbagai media yang ada, contohnya seperti media iklan di majalah atau surat kabar, promo di radio, brosur dan pamflet, iklan atau spanduk dijalan atau bisa juga promo dari mulut ke mulut melalui teman, tetangga atau saudara.

Anda juga bisa memaksimalkan promosi Anda melalui situs jejaring social yang semakin hari semakin berkembang pesat. Contohnya seperti Facebook, Twitter ataupun Anda bisa bergabung melalui forum yang ada di Kaskus atau Detik untuk memperkenalkan dan menjual produk Anda.

Berikan Diskon Khusus - Ini sangat menarik bila Anda lakukan. Dengan memberikan diskon khusus untuk setiap produk yang Anda jual maka para konsumen akan tertarik dengan produk Anda. Misalnya dengan cara beli tiga bonus satu, atau memberikan potongan harga ketika ada perayaan keagamaan bahkan harga special buat para pelanggan tetap.

Satu hal lagi yang harus Anda lakukan adalah memberikan pelayanan yang terbaik buat para konsumen Anda. Agar citra positif selalu terbentuk pada konsumen, alih-alih mereka sendiri yang akan mempromokan produk Anda ke teman-teman atau keluarga mereka.

Semoga tips sukses bisnis makanan ringan ini bisa memberikan satu solusi untuk Anda yang akan berbisnis dalam bidang ini. Semoga Sukses.


Kisah Sukses : Anak 12 Tahun Sukses Jadi Pengusaha Dasi

Share this:

Disqus Comments