;

Bunga Mawar Hitam Yang Hampir Punah

Bunga Mawar Hitam Yang Hampir Punah

SmuaInfo - Mungkin kebanyakan dari Anda bertanya-tanya bunga mawar hitam sebenarnya ada atau hanya ilustrasi dalam sebuah cerita atau dongeng semata? Tapi taukah Anda bahwa sesungguhnya bunga mawar hitam memang benar-benar ada. Bunga ini tumbuh subur di negara Turki, sayangnya bunga ini menjadi langka karena mendekati kepunahan.

Bunga Mawar Hitam Yang Hampir Punah
Picture by : uniqpost.com
Bunga mawar hitam biasanya di kaitkan dengan ilmu hitam atau dunia vampir. Ada pula yang mengatakan jika bunga mawar hitam ini adalah simbol cinta mati. Bunga mawar hitam ini bisa Anda temukan di kota Halfeti, Turki.

Di Halfeti, Turki, Anda bisa menemukan begitu banyak bunga mawar hitam yang tumbuh subur. Bila Anda perhatikan dengan sesaksama bunga mawar hitam sebenarnya tidak berwarna hitam, namun cenderung berwarna magenta tua atau ungu tua yang hampir mendekati warna hitam.

Hal ini disebabkan karena di daerah ini memiliki kondisi tanah yang langka dan berbeda dengan daerah lain. Iklim disana cenderung di pengarahui oleh sungai Efrat. Kondisi inilah yang menyebabkan mengapa bunga mawar yang tumbuh disana cenderung warna gelap.

Warna hitam pada bunga mawar hitam ini diakibatkan dari pigmen alami yang bernama anthocyanin. Pigmen ini biasa di temukan di buah raspberry dan blueberry. Mawar ini biasanya mekar 2 kali dalam setahun, dan hanya dapat bertahan selama 15 hari saja.

Bunga Mawar Hitam Hampir Punah

Taukah Anda jika pada musim semi dan gugur bunga mawar hitam akan tumbuh dengan warna merah mangenta, dan pada musim panas warna hitamnya akan gugur. Namun sangat di sayangkan jumlah mawar hitam yang tumbuh di Turki ini semakin sedikit dan hampir mengalami kepunahan.

Hal ini sebabkan karena kondisi bendungan yang ada di kota Halfeti sangat buruk, banyak tanah dan lahan yang mengalami longsor, sehingga sangat berdampak bagi pertumbuhan bunga mawar hitam yang ada di kota tersebut.

Namun pemerintah dan warga sempat terus mengupayakan agar bunga langka ini bisa tetap tumbuh dan tidak mengalami kepunahan agar bunga mawar hitam tetap menjadi bunga langka yang hanya bisa tumbuh di kota Halfeti, Turki. (si/chr)


Jangan Lewatkan : Minum Bir Habiskan 1,2M Semalam

Share this:

Disqus Comments