;

Inilah 5 Negara Terdingin Sejagad Raya

Inilah 5 Negara Terdingin Sejagad Raya

SmuaInfo - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tempat terdingin di bumi ini adalah Antartika, tapi ternyata ada beberapa negara yang dinyatakan sebagai negara terdingin di dunia.

Negara Terdingin di Dunia
Salah Satu Negara Terdingin di Dunia
Beberapa negara terdingin itu berada tepat di lingkar kutub utara, oleh sebab itulah beberapa negara tersebut menjadi negara terdingin. Dilansir dari Top5.com ada 5 negara yang memiliki suhu udara terdingin di dunia. Inilah 5 negara terdingin sejagad raya.

Rusia – Negara pertama yang mendapat predikat sebagai negara terdingin ialah Rusia, musim dingin di negara ini berlangsung lebih lama di banding dengan musim panasnya. Dalam bentangan tanah yang luas, salju dan hujan turun selama delapan bulan dalam setahun.

Di timur laut negara bagian Siberia, Rusia, menjadi negara bagian yang paling dingin di dunia. Inilah sebabnya mengapa orang-orang rusia selalu mengenakan mantel dan topi bulu ketika akan berpergian. Karena busana itulah yang dapat menghangatkan tubuh mereka.

Kanada – Kanada masuk dalam urutan ke dua sebagai negara terdingin di dunia, ini sebabkan karena letak Kanada yang berada di zona pertemuan antara udara dingin dari kutub utara dan udara hangat nan lembab dari kutub selatan. Di sebelah selatan perbatasan wilayah Kanada membentang secara pararel, oleh sebab itu di Kanada kerap di selemuti oleh salju yang tebal.

Mongolia – Sekalipun Mongolia berada jauh di bawah lingkar kutub utara, namun Mongolia terletak di 4.900 meter di atas permukaan laut. Iklim gurun yang gersang serta musim panas dan musin menjadikan Mongolia ibarat Alaska kecil yang terjebak diantara Rusia dan China. Musim dingin di Mongolia terjadi di bulan November dan akan berakhir pada akhir April.

Finlandia – Di Filandia suhu terdingin yang pernah tercatat adalah -33 derajat celscius, lokasi Filandia diapit oleh 3 negara antara lain Rusia, Swedia dan Norwegia, oleh sebab itu mengapa Filandia menjadi negara yang terdingin di dunia. Meskipun Filandia mendapat predikat sebagai negara terdingin di dunia, musin panas di Filandia tetap terjadi, namun tetap saja musim dingin di negara itu lebih panjang, dan es yang turun sekitar 137 hari setiap tahunya.

Islandia – Dan inilah negara terdingin yang terakhir, Islandia. Islandia memiliki luas wilayah sekitar 40 mil persegi, banding dengan negara terdingin di dunia lainnya, Islandia memiliki keunikan tersendiri, ada suatu waktu dimana negara ini menjadi menjadi negara yang sangat hangat, hal ini sebabkan karena aliran Gulf Stream, namun jika terjadi pertemuan antara air Gulf Stream dan udara Arktik yang sangat dingin itu maka tak heran bila suhu di Islandia akan berubah sewaktu-waktu dan akan mencapai titik beku.

Jadi jika Anda ingin bepergian atau liburan bersama dengan orang-orang tercinta sebaiknya Anda tidak mengunjungi 5 negara terdingin sejagad raya ini, apalagi jika Anda tidak tahan dengan udara dingin. Semoga bermanfaat.
(si/chr)

Jangan Lewatkan : 7 Hobi Aneh Yang Dilakukan Orang Jaman Dulu

Share this:

Disqus Comments