;

Gejala Sakit Perut, Penyebab Serta Solusinya

Gejala Sakit Perut, Penyebab Serta Solusinya

SmuaInfo - Sakit perut adalah salah satu yang paling sering di derita oleh kebanyakan orang. Tapi jenisnya pun berbeda-beda tiap orang, ada yang mungkin sakit perut karena mulas, sakit perut karena datang bulan dan sebagainya. Gejalanya pun akan berbeda-beda.
Sakit Perut
Picture : drwox.com
Saya yakin semua manusia di dunia pernah mengalami sakit perut, entah itu anak-anak, orang dewasa, laki-laki, perempuan, tua dan muda semuanya pernah mengalaminya. Mungkin inilah sebabnya kenapa sakit perut ini di sebut sebagai penyakit sejuta umat.

Tapi Anda juga harus cukup waspada dengan penyakit ini, jangan pernah di anggap sepele. Sebaiknya Anda tahu gejala sakit perut, penyebab serta solusinya agar Anda juga bisa memberikan penanganan yang tepat untuk setiap jenis penyakit perut tersebut.

1. Sakit Perut Yang Disebabkan Oleh Maag

Gejala : Rasa nyeri di daerah uluhati yang di sertai dengan keluhan seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa terutama ketika Anda lapar.

Penyebab : Penyebab dari sakit perut jenis ini bermacam-macam dan yang paling banyak adalah makanan. Makanan yang mengandung gas seperti kol, ubi dan sawi. Bisa juga di sebabkan karena minuman seperti kopi, alkohol dan soda. Selain makanan dan minuman maag juga bisa berhubungan dengan kondisi seperti stress, merokok dan konsumsi obat-obat penghilang rasa sakit termasuk obat rematik.

Solusi : Makanlah obat-obatan yang mengandung Antasida. Obat yang terdapat kandungan antasida sudah banyak terdapat dalam obat-obatan anti maag. Tapi jika rasa sakitnya tidak berkurang di sarankan sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Yang perlu Anda perhatikan, kurangilah makanan yang bisa mengganggu kinerja lambung seperti makanan yang terlalu pedas dan jangan lupa untuk makan secara teratur.

2. Sakit Perut Yang Disebabkan Oleh Batu Empedu

Gejala : Orang yang memiliki batu pada kandung empedu biasanya akan merasakan neri pada uluhati yang kadang timbul kadang hilang dan kadang juga nyeri tersebut seperti menjalar ke bagian belakang tubuh.

Penyebab : Sakit perut yang di sebabkan karena batu empedu ini di sebabkan karena makanan yang berlemak atau bisa juga karena kadar kolestrol yang meningkat. Batu empedu adalah endapan kolesterol, bilirubin, atau garam kalsium lainnya yang terbentuk di kantung empedu atau di dekat saluran empedu.

Solusi : Jika Anda ternyata positif menderita penyakit ini maka sebaiknya Anda harus segera di operasi apalagi jika batu kalsium atau nin kalsium tersebut telah membesar dan mengeras. Batu empedu bisa di ketahui dengan cara melakukan USG Abdomen.

3. Sakit Perut Yang Disebabkan Oleh Usus Buntu

Gejala : Nyeri pada bagian perut kanan bawah dan biasanya di sertai dengan mual dan muntah serta nyeri terus menerus. Seringkali rasa nyeri tersebut bertambah sampai tiga kali lipat. Badan akan meriang dan akibat rasa sakit yang hebat kadang Anda tidak sadar untuk memegang terus perut bagian kanan bawah.

Penyebab : Jika Anda berpikir bahwa penyebab dari usus buntu karena terlalu banyak makan biji-bijian atau cabai itu adalah mitos belaka. Penyebab sebenarnya dari usus buntu adalah karena kuman dan bakteri yang masuk kedalam perut.

Solusi : Satu-satunya solusi terbaik jika terkena penyakit usus buntu adalah dengan cara operasi. Karena jika di diamkan maka kemungkinan usus tersebut pecah, infeksi menyebar ke seluruh perut yang berakibat fatal bagi si penderita.

4. Sakit Perut Yang Disebabkan Oleh Kolera

Gejala : Perut rasanya seperti di tekan dan nyeri terutama di perut bagian bawah kemudian di ikuti kejang pada otot perut. Perasaan mual di sertai dengan muntah-muntah biasanya terjadi setelah mencret. Biasanya kolera juga di sebut dengan muntaber karena gejalanya adalah muntah dan buang air besar.

Penyebab : Penyebab utama dari penyakit ini adalah karena kuman Vibrio Cholerae atau yang punya nama lain juga di sebut iBacillus Coma. Kuman ini di sebarkan dan berkembang melalui makanan dan minuman yang tercemar.

Solusi : Ganti cairan tubuh yang hilang dengan garam oralit. Bila kehilangan cairan tubuh yang banyak dan penderita sudah tidak dapat menerima cairan dari mulut maka sebagai gantinya cairan pengganti diberikan melalui infus.

5. Sakit Perut Yang Disebabkan Oleh Batu Ginjal

Gejala : Nyeri pada perut bagian kiri dan kanan yang kemudian menjalar ke bagian penis. Penderita juga akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa akibat saluran kemih akan meregang kuat karena menahan air seni yang tidak bisa keluar. Intensitas rasa sakitnya akan bertambah ketika penderita kebelet kencing.

Penyebab : Karena adanya batu di saluran kencing (batu ureter).

Solusi : Penghilang rasa sakit yang di jual bebas dapat di minum untuk mengurangi rasa nyerinya. Tergantung dari intensitas rasa sakitnya, jika penderita sudah tidak tahan lagi sebaiknya pergi kedokter untuk mendapatkan penghilang rasa sakit yang biasa di berikan melalui suntikan. Proses operasi akan dilakukan jika batunya sudah terlalu besar dan mengeras. Sebaiknya mulailah perbanyak minum air putih terutama jika Anda bekerja di ruangan AC.

6. Sakit Perut Yang Disebabkan Oleh Sembelit

Gejala : Nyeri pada perut yang kadan hilang kadang muncul yang letaknya berada di sekitar pusar. Nyeri ini muncul berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi atau bisa jadi akibat sulit buang air besar.

Penyebab : Sembelit bianya terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi dan kurang makan sayur-sayuran. Pada kasus yang lebih berat sembelit bisa di sebabkan karena adanya halangan mekanis yang terjadi pada usus seperti radang pada dinding usus, kanker atau usus yang menonjol keluar.

Solusi : Konsumsilah obat pencahar dan sesuaikan dengan penyebab sembelitnya, jika penyebabnya karena kotoran Anda terlalu keras sebaiknya Anda membeli obat pencahar yang bisa melunakkan tinja, atau pilihlah obat pencahar yang membuat saluran pencernaan terasa penuh sehingga meninggalkan rangsangan untuk buang air besar atau pilihlah pencahar yang bisa menyerap cairan.

7. Sakit Perut Yang Disebabkan Oleh Disentri

Gejala : Biasanya rasa mulas yang di timbulkan hampir sama ketika isteri Anda akan melahirkan. Penderita akan harus bolak balik ke toilet untuk buang air besar. Dalam sehari penderita bisa 20 hingga 30 buang air besar dan kotoran akan berupa mencret dan berlendir bahkan kadang kotoran tersebut di sertai dengan darah.

Penyebab : Penyebab utama dari disentri adalah mengkonsumsi makanan yang kotor yang telah terinfeksi dengan kuman Shigela Dissentri atau Amuba Usus.

Solusi : Pertolongan pertama adalah Anda harus mengganti cairan yang telah keluar dengan garam oralit atau pemberian antibiotika untuk membunuh kuman. Untuk pencegahan adalah sebaiknya Anda menjaga kebersihan, membasmi lalat serta menjaga makanan dan minuman dari kotoran.

Tetaplah menjaga kebersihan Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit perut yang di timbulkan dari kuman dan bakteri. Ingat bahwa kesehatan sangat penting untuk kita semua. Semoga info gejala sakit perut, penyebab serta solusinya ini bisa bermanfaat buat Anda. (reffer : doktersehat.com)

Baca Juga : Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Dan Olahraga

Share this:

Disqus Comments