;

Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

SmuaInfo - Seperti kita ketahui bersama bahwa penyakit kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia bagi pria dan wanita. Tidak pandang usia, kanker bisa menyerang siapa saja dan pada usia berapapun. Bahkan tidak sedikit orang yang terserang dengan penyakit ini bisa mengalami patah semangat untuk hidup.

Kenali Gejala Kanker

Menurut data, bahwa di negara maju seperti Amerika pun yang telah memiliki peralatan canggih dalam bidang kedokteran, penyakit kanker adalah penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung. Jadi bisa di pastikan bahwa penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang benar-benar berbahaya bagi siapapun yang menderitanya.

Jenis penyakit kanker sendiri ada berbagai macam dengan penyebab yang berbeda pada setiap kasusnya. Berbagai cara dan penelitianpun telah dilakukan untuk bisa mengetahui gejala dan penyebab dari penyakit mematikan ini sampai sekarang. Dan tidak sedikit dana yang telah dikeluarkan untuk bisa meneliti penyakit ini.

Penderita kanker sendiripun terkadang tidak mengetahui jika dirinya sedang terserang dengan kanker. Padahal gejala kanker itu sendiri cukup mudah untuk di ketahui. Gejala kanker bisa diketahui dari yang paling mudah sampai sedikit lebih sulit. Biasanya gejala kanker yang mudah diketahui bisa dilihat langsung oleh mata kita sendiri.

Dan untuk gejala kanker yang sedikit lebih sulit di ketahui jika gejala tersebut terdapat di dalam tubuh penderitanya, sehingga di butuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk bisa memastikan gejala tersebut memang benar penyakit kanker. Tercatat ada lebih dari 200 jenis kanker yang mempunyai gejala yang berbeda pula.

Dengan banyaknya jenis kanker tersebut tentunya akan sangat merepotkan jika harus menganalisa satu persatu. Namun paling tidak kita bisa mengerti beberapa gejala kanker agar bisa di waspadai jika gejala tersebut terjadi pada Anda atau orang-orang yang berada di sekitar Anda.

Hal ini di perlukan agar kanker tersebut bisa di ketahui secara dini untuk bisa segera dilakukan tindakan pengobatan yang serius agar kanker tersebut bisa di obati. Secara sederhana gejala kanker bisa kita bedakan menjadi dua, yaitu gejala kanker yang dapat dilihat dan gejala kanker yang sulit untuk dilihat.
  • Gejala Kanker Yang Mudah Dilihat

Adalah gejala yang timbul atau gejalanya bisa kita rasakan. Seperti misalnya pada kanker payudara, biasanya akan muncul benjolan pada payudara. Sudah pasti ini bisa dirasakan dan dilihat secara langsung oleh penderitanya. Oleh karena itu rutinlah untuk selalu memeriksakan bagian tubuh yang rawan terserang kanker agar bisa di tangani secara dini.

Contoh lainnya yang juga mudah untuk dilihat adalah keluarnya darah pada air seni, ini biasanya berhubungan dengan gejala kanker pada organ penghasil urin. Seperti juga jka seseorang mengalami batuk berdarah, bisa jadi orang tersebut terkena gejala kenker paru-paru.

Gejala lainnya yang mudah untuk dilihat adalah saat seseorang sult untuk bisa menelan sesuatu, ini bisa jadi merupakan gejala dari kanker esofagus. Demikian juga jika terjadi perubahan pada kulit yang mencolok, bisa jadi ini adalah gejala dari kanker kulit. Atau mungkin seseorang tidak lancar buang air kecil, ini bisa saja adalah kanker prostat.
  • Gejala Kanker Yang Tidak Mudah Dilihat

Untuk gejala kanker yang tidak mudah dlihat biasanya berhubungan dengan organ bagian dalam dari tubuh manusia. Seperti contoh, jika terjadi pendarahan pada rektrum, ini bisa jadi merupakan salah satu indikasi atau gejala kanker pada usus besar yang paling banyak di menyerang oleh orang tua.

Gejala kanker yang juga tidak mudah untuk dilihat lainnya adalah jika di awali oleh sakit lainnya. Contohnya seseorang yang menderita anemia atau kekurangan gizi, mungkin sebenarnya orang tersebut sedang menderita kanker usus. Gejala seperti ini akan sangat sulit di kenali karena penderitanya menganggap ini hanya penyakit yang biasa.

Gejala kanker yang jenisnya seperti anemia atau kekurangan zat besi ini adalah penurunan berat badan dan kehilangan nafsu makan. Sebenarnya kedua gejala ini mudah untuk dikenali, tetapi pada umumnya orang akan menganggap ini hal biasa saja, padahal jika tidak di waspadai mungkin saja itu adalah gejala awal dari kanker itu sendiri.

Untuk itulah sebaiknya segeralah perisakan diri jika Anda melihat atau merasakan gejala-gejala kanker seperti di atas. Dengan melakukan pemeriksaan kanker secara dini dan di ikuti dengan pengobatannya maka dapat menyelamatkan jiwa seseorang dari ganasnya penyakit kanker. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mengenali Tanda Awal Kehamilan

Share this:

Disqus Comments