;

Inilah 7 Hobi Yang Bisa Bikin Cerdas

Inilah 7 Hobi Yang Bisa Bikin Cerdas

SmuaInfo - Setiap orang pasti memiliki suatu kegemaran tertentu atau yang biasa kita sebut dengan hobi. Biasanya kita akan melakukan hobi tersebut diwaktu senggang atau diwaktu-waktu tertentu saja. Bahkan ada orang yang karena hobinya tersebut bisa menciptakan suatu peluang bisnis.
Hobi Yang Bikin Cerdas
Yang lebih menariknya lagi ternyata ada beberapa hobi yang bisa meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan memori otak dalam jangka panjang. Jadi dengan demikian Anda tidak perlu lagi melihat hobi sebagai cara untuk bersantai tetapi sebagai alat untuk bisa membuat Anda lebih cerdas.

Lalu apa saja hobi yang bisa meningkatkan fungsi kognitif dan bisa meningkatkan memori otak tersebut? Dikutip dari Kabar24, inilah 7 hobi yang bisa bikin cerdas.

1. Mempelajari Bahasa dan Budaya Asing
Ada beberapa orang tertentu yang menyukai bahasa dan budaya dari negara asing. Ini bisa membantu Anda untuk memperluas kemampuan linguistik Anda. Dengan mempelajari bahasa dan budaya asing Anda juga bisa memperluas wawasan Anda mengenai budaya, sejarah, dan tradisi suatu negara.

Belajar bahasa asing juga bisa menambah perkembangan otak Anda dan bisa membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas yang rumit dengan melatih pikiran Anda tersebut.

2. Bermain Video Game
Walaupun memang ada bebrapa permainan video game yang berdampak buruk bagi anak-anak maupun remaja terutama permainan dengan unsur kekerasan tapi ternyata bermain video game ini mempunyai keuntungan tersendiri.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa bermain video game dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata Anda. Pada saat yang sama, video game ini juga akan melatih Anda dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

3. Fokus Pada Permainan Mencegah Otak Tumpul
Otak tumpul sangat umum saat ini, tapi untungnya ada beberapa permainan dan latihan mental yang akan membantu Anda terhindar dari ini. Apakah anda antusias dengan teka-teki dan hobi serupa lainnya? Jika demikian, maka Anda harus tahu bahwa memecahkan teka-teki dan terlibat dalam aktivitas lain yang merangsang pikiran dapat mengurangi risiko demnsian lebih dari 60 persen.

4. Bemain Puzzle
Semua orang menyukai teka-teki puzzle, tidak peduli betapa menjengkelkannya. Pada dasarnya ini merupakan permainan asah otak yang merangsang pikiran Anda yang memiliki dampak positif pada kecerdasan.

Daripada membuat waktu senggang Anda terbuang percuma, cobalah susun puzzle atau lakukan teka-teki silang yang bisa membuat otak Anda terus berpikir, yang pada akhirnya menjaga fungsi otak bahkan saat Anda nanti berusia lanjut.

5. Mengumpulkan Koin dan Produk Lainnya
Hobi lainnya yang dapat membuat Anda lebih pintar adalah mengumpulkan koin dan barang-barang tertentu. Hal ini tentu akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang dunia yang mengelilingi Anda, tidak peduli jika Anda memutuskan untuk mengumpulkan koin, uang kertas lama, atau perangko.

6. Membaca
Membaca tidak diragukan lagi sebagai salah satu hobi yang paling indah. Ada jutaan buku di dunia, dan seseorang tidak bisa membaca bahkan 1 persen dari semua buku di dunia dalam seumur hidup.

Buku menawarkan cara yang unik dan luar biasa untuk memahami dunia dan buku juga menawarkan kita "gelembung imajiner", sebuah tempat yang aman di mana Anda bisa pergi setiap kali Anda ingin melarikan diri dari kenyataan.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menjadi lebih pintar adalah dengan membuat daftar bacaan. Buat setidaknya 10 buku yang akan Anda baca tiap tahunnya, Membaca akan membuat pikiran Anda lebih waspada dan fokus.

7. Memainkan Alat Musik
Orang-orang yang bisa memainkan alat musik selalu dianggap sebagai orang-orang berbakat dan cerdas. Sama seperti yang terjadi dengan belajar bahasa, belajar memainkan alat musik jauh lebih efisien jika dilakukan di masa kecil, namun bukan berarti orang dewasa tak bisa melakukannya.

Kabar baiknya, Anda tak harus fokus pada satu instrumen saja. Anda bahkan bisa mempelajari beberapa instrumen sekaligus. Meski tidak semahir musisi kawakan, bermain musik punya banyak dampak positif, seperti merelaksasi pikiran dan meningkatkan fungsi kognitif.

Baca Juga : Inilah Teknologi Google Di Masa Depan

Share this:

Disqus Comments